kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,55   -16,97   -1.81%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Partai Gerindra dinilai punya peluang besar masuk kabinet, ini tiga alasannya


Sabtu, 12 Oktober 2019 / 15:34 WIB
Partai Gerindra dinilai punya peluang besar masuk kabinet, ini tiga alasannya
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dalam pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Partai Gerindra dinilai punya peluang besar masuk kabinet. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gum


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari menilai, Partai Gerindra berpeluang besar masuk dalam kabinet kerja Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Ia mengungkapkan, ada tiga alasan Partai Gerindra berpeluang masuk kabinet. 

Pertama, Partai Gerindra dan partai pengusung Jokowi, yaitu PDI-P, sama-sama dari partai nasionalis. 

Baca Juga: Sohibul Iman sebut PKS siap menjadi oposisi sendirian

"Saya termasuk orang yang berpendapat bahwa besar peluang Gerindra untuk masuk kabinet kali ini pertama karena ideologi PDI-P, partainya Jokowi itu dekat dengan Gerindra, sama-sama nasionalis," kata Qodari saat ditemui di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (12/10). 

Kedua, Qodari mengatakan, hubungan baik Jokowi dan Prabowo juga memengaruhi kemungkinan besar Partai Gerindra masuk kabinet kerja. Ia mengatakan, meskipun menjadi rival pada Pilpres 2014 dan Pilpres 2019, Jokowi dan Prabowo tetap terlihat mesra. 

"Kemarin keliatan kan sama Prabowo, dia (Jokowi) bisa mengatakan, 'Kita mesra kan', Pak'. Sementara pak SBY kita tidak lihat kita mesra kan," ujarnya. 

Ketiga, selain dengan Jokowi, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri terlihat menerima Prabowo dalam beberapa kali kesempatan. Oleh karenanya, dari beberapa variabel tersebut membuat peluang Partai Gerindra menjadi kuat. 

Baca Juga: Kompak berkemeja putih, Prabowo dan Jokowi bertemu di Istana

"Pengalaman yang lain adalah di periode pertamanya Pak Jokowi memang menambah partai dari luar koalisi. Ada Golkar, PAN saya kira di 2019 ini partai dari luar itu namanya Gerindra," kata dia. (Haryanti Puspa Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Partai Gerindra Dinilai Punya Peluang Besar Masuk Kabinet, Ini Tiga Alasannya"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×