kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Organda Minta BBM Subsidi untuk Transportasi Umum dan Angkutan Barang Tak Dibatasi


Jumat, 19 Agustus 2022 / 19:47 WIB
Organda Minta BBM Subsidi untuk Transportasi Umum dan Angkutan Barang Tak Dibatasi
ILUSTRASI. Organda meminta agar tidak ada pembatasan pembelian Pertalite subsidi untuk transportasi publik. . KONTAN/Muradi


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah diminta meninjau ulang pembatasan pembelian BBM subsidi untuk transportasi publik dan angkutan umum. Hal ini karena kedua sektor tersebut terkait dengan kepentingan masyarakat.

Sekretaris Jenderal DPP Organisasi Angkutan Darat (Organda) Ateng Aryono meminta agar tidak ada pembatasan pembelian Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP) atau Pertalite subsidi untuk transportasi publik. Sebab, pada dasarnya transportasi publik membeli pertalite sesuai kebutuhan operasionalnya dan tidak pernah ada pemanfaatan untuk tujuan lain, selain untuk operasional transportasi publik.

“Mereka (transportasi publik) beli, isi tangkinya untuk operasional jalan,” kata Ateng saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (19/8).

Ateng berharap, transportasi publik tidak dibatasi untuk membeli pertalite subsidi. Dia berharap pembatasan hanya untuk kendaraan pribadi.

Baca Juga: Bisa Beli Pertalite, 650.000 Kendaraan Sudah Didaftarkan Program Subsidi BBM

Ateng menyebut, bahan bakar yang digunakan angkutan umum adalah pertalite. Sebelumnya, angkutan umum menggunakan premium. 

Ateng mengatakan, transportasi publik di Indonesia maksimal 10% dari populasi seluruh jumlah kendaraan. Artinya, porsi kendaraan pribadi di Indonesia mencapai sekitar 90%. Sebab itu, Organda menilai penataan pembatasan pembelian pertalite semestinya diutamakan untuk mengatur pembelian pertalite bagi kendaraan pribadi.  

“Angkutan umum biarkan saja sesuai kebutuhan dia. Jangan lagi disusahin dengan pembatasan pembatasan,” kata Ateng.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Perkumpulan Perusahaan Multimoda Transport Indonesia (PPMTI) Kyatmaja Lookman meminta agar tidak ada pembatasan pembelian jenis BBM tertentu (JBT) atau solar subsidi bagi angkutan barang. Apalagi tujuan penggunaan solar bagi angkutan barang untuk memperlancar distribusi barang dan logistik masyarakat.

Kyatmaja mengatakan, kendaraan berat jarak jauh bisa menggunakan solar sekitar 300 liter sampai 400 liter solar. Lalu, untuk kendaraan golongan kedua dinilai masih mungkin bisa menggunakan 200 liter per hari.

Dia mencontohkan, dengan 200 liter solar maka truk besar dapat menempuh jarak antara 400 kilometer (Km) sampai dengan 600 Km.

Baca Juga: Pemerintah akan Umumkan Kenaikan Harga BBM Pertalite Pekan Depan

“Kalau untuk kendaraan lintas yang sehari bisa 800 Km. Jadi butuh 2 hari untuk menyelesaikan pekerjaan,” ucap Kyatmaja.   

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, belum ada kepastian soal penerapan pembatasan pembelian solar subsidi melalui QR Code. Sebab, saat ini pihaknya masih terus melakukan sosialisasi. Selain itu, proses pendaftaran juga masih terus dibuka.

Terkait pembatasan BBM solar bersubsidi, Irto menyebut, belum ditentukan waktu mulai implementasinya.

“Harapannya bisa segera,” ucap Irto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×