kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

NWGBR Mengukuhkan IndONIA Sebagai Referensi Suku Bunga Rupiah Tenor Overnight


Kamis, 31 Maret 2022 / 12:28 WIB
NWGBR Mengukuhkan IndONIA Sebagai Referensi Suku Bunga Rupiah Tenor Overnight
ILUSTRASI. Bank Indonesia. REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana


Reporter: Bidara Pink | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Keuangan, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Indonesian Foreign Exchange Market Committee yang tergabung dalam National Working Group on Benchmark Reform (NWGBR) memutuskan sejumlah kesepakatan dan rekomendasi sesuai fungsinya. 

Dalam rangka pelaksanaan fungsi tersebut, NWGBR memberi informasi bagi pelaku pasar mengenai agenda penguatan referensi suku bunga (benchmark reform) dan rekomendasi referensi suku bunga di pasar keuangan domestik. 

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyebut, setidaknya ada dua kesepakatan dan rekomendasi yang diberikan oleh NWGBR. Pertama, mengukuhkan IndONIA sebagai referensi suku bunga rupiah tenor overnight yang akan menjadi dasar pembentukan referensi suku bunga rupiah di tenor 1 minggu sampai dengan 12 bulan. 

Baca Juga: RI Dorong G20 Ciptakan Terobosan untuk Pemulihan Ekonomi Global

Kedua, mengimbau kepada pelaku pasar untuk meningkatkan penggunaan IndONIA sebagai referensi suku bunga (harga) dalam berbagai produk dan instrumen keuangan rupiah maupun sebagai salah satu indikator perkembangan suku bunga di pasar uang domestik. 

“Pengukuhan IndONIA sebagai referensi suku bunga rupiah tenor overnight diperlukan untuk meningkatkan integritas referensi suku bunga di pasar keuangan domestik sebagai bagian dari transisi referensi suku bunga yang berdasarkan transaksi serta sejalan dengan reformasi referensi suku bunga di pasar keuangan global,” jelas Erwin dalam keterangannya, Kamis (31/3). 

Lebih lanjut, dalam rangka penguatan ketersediaan referensi suku bunga rupiah di tenor 1 minggu sampai dengan 12 bulan, NWGBR akan melakukan asesmen lebih lanjut untuk memberikan rekomendasi terkait dengan pilihan referensi suku bunga. “Pemilihan referensi suku bunga dimaksud akan dilakukan mengacu kepada prinsip-prinsip yang berlaku secara internasional,” tandas Erwin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×