kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

New Normal, Bandara Soekarno Hatta mulai uji coba pemeriksaan dokumen secara digital


Senin, 08 Juni 2020 / 10:55 WIB
New Normal, Bandara Soekarno Hatta mulai uji coba pemeriksaan dokumen secara digital
ILUSTRASI. Petugas memeriksa kesehatan calon penumpang sebelum pemberangkatan di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. ANTARA FOTO/Fauzan/pras.


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bandara Soekarno-Hatta, Banten, menguji coba pemeriksaan dokumen perjalanan dengan cara digital menyambut kenormalan baru atau new normal. Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, simulasi pemeriksaan digital, Senin (8/6/2020), akan melibatkan penumpang Garuda Indonesia dan Citilink yang akan terbang. 

"Uji coba dilakukan untuk penumpang di sejumlah penerbangan Citilink di Terminal 2 Soekarno-Hatta dan penumpang Garuda di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta," kata dia dalam keterangan tertulis diterima Kompas.com, Senin (8/6/2020). 

Baca Juga: Mulai hari ini, portal pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2020 dibuka

Awaluddin mengatakan, PT Angkasa Pura II sudah menyiapkan aplikasi Travelation untuk pemeriksaan digital tersebut. Di aplikasi itu, calon penumpang bisa mengunggah dokumen untuk persyaratan penerbangan. Beberapa persyaratan dokumen seperti hasil tes RT-PCR atau rapid test, KTP lalu surat keterangan perjalanan dan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) diunggah calon penumpang. 

Selanjutnya, petugas pengecekan secara digital. "Tujuan dari aplikasi Travelation ini adalah lebih membuat proses pemeriksaan dokumen perjalanan di bandara lebih praktis, efisien, dan cepat di tengah prosedur yang dijalankan dengan ketat di bandara saat pandemi COVID-19,” tutur Awaluddin. 

Baca Juga: Netizen kaget PCR Swab Covid-19 di RS Advent Bandung ditarif Rp 2,5 juta

Awaluddin mengatakan, travelation secara perdana akan diterapkan di Bandara Soekarno-Hatta lalu menyusul di bandara-bandara lain di bawah PT Angkasa Pura II. Pemanfaatan teknologi digital terebut mendapat apresiasi dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto. 

"Pengecekan dokumen secara digital cukup baik, mungkin bisa dikaji untuk juga diintegrasikan dengan airlines,” ujar Novie. Travelation sendiri sudah dapat diakses di http://travelation.angkasapura2.co.id.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bandara Soekarno Hatta Uji Coba Pemeriksaan Dokumen secara Digital Lewat Aplikasi Travelation"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×