kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.915.000   44.000   2,35%
  • USD/IDR 16.400   -20,00   -0,12%
  • IDX 7.142   47,86   0,67%
  • KOMPAS100 1.041   10,44   1,01%
  • LQ45 812   9,62   1,20%
  • ISSI 224   0,88   0,39%
  • IDX30 424   4,46   1,06%
  • IDXHIDIV20 504   1,88   0,37%
  • IDX80 117   1,34   1,15%
  • IDXV30 119   0,16   0,14%
  • IDXQ30 139   1,43   1,04%

Neraca dagang Maret berpotensi surplus


Senin, 16 Maret 2015 / 17:58 WIB
Neraca dagang Maret berpotensi surplus
ILUSTRASI. Manfaat daun bidara untuk kesehatan.


Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Harris Hadinata

JAKARTA. Tanda-tanda fundamental ekonomi Indonesia yang membaik mulai terlihat konsisten sejak akhir tahun 2014. Desember 2014 neraca dagang tercatat surplus US$ 186,8 juta dan berlanjut pada Januari 2015 sebesar US$ 710 juta. Kini, data terbaru neraca dagang Februari 2015 mencatat surplus US$ 738,3 juta.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadi Wibowo mengatakan neraca dagang Indonesia masih berpotensi surplus. Bila menilik data historikal, neraca dagang Maret cenderung selalu surplus. Tahun lalu neraca dagang Maret surplus US$ 673 juta. "Nilai tukar masih lemah sehingga impor masih mahal," ujar Sasmito, Senin (16/3).

Menurut Sasmito, nilai tukar yang melemah saat ini membuat impor relatif mahal sehingga impor barang-barang produksi turun. Para importir akhirnya memilih wait and see hingga dollar Amerika Serikat (AS) turun. Di sisi lain, pemerintah dan Bank Indonesia (BI) memang berupaya untuk menurunkan impor dengan kebijakan ketat yang mereka lakukan.

Ia menambahkan, peluang semester pertama 2015 untuk surplus besar, namun pada semester kedua ketika realisasi infrastruktur dan impor barang modal melejit maka surplus akan sulit terjadi. "Sejauh ini surplus berarti kita bagus untuk antisipasi ke depan," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×