kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Musim Panen Tiba, Kementerian Pertanian: Harga Gabah Mulai Turun


Rabu, 05 April 2023 / 06:15 WIB
Musim Panen Tiba, Kementerian Pertanian: Harga Gabah Mulai Turun


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga gabah dan beras mengalami penurunan harga di sejumlah provinsi. 

Mengenai hal ini, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri mengatakan bahwa penurunan terjadi karena panen raya di sejumlah sentra sudah merata sehingga produksi padi tahun ini diperkirakan cukup baik. 

"Yang pasti kami terus bekerja dan siaga mengawal panen raya tahun ini. Akan tetapi kami juga membutuhkan dukungan dari lembaga dan pihak terkait agar penyerapan gabah berjalan optimal," ujar Kuntoro dalam keteranganya, Selasa (4/4). 

Baca Juga: Minipis! Kini Cadangan Beras yang Dikuasai Perum Bulog Tinggal 245.223 Ton

Untuk itu, dia meminta adanya kolaborasi kuat antar lembaga, kementerian maupun swasta untuk sama-sama melakukan penyerapan gabah petani dengan harga acuan yang telah ditetapkan. Tujuannya agar harga gabah di tingkat petani tetap terjaga. 

"Sekali lagi kami katakan semua pihak wajib waspada untuk kebutuhan stok dan untuk menyerap gabah serta menjaga harga di tingkat petani agar tetap stabil dan memberi dampak  terhadap kesejahteraan petani," katanya.

Kuntoro menambahkan, saat ini Kementan memiliki program jangka panjang, yakni Komando Strategi Penggilingan (Kostraling) yang berperan dalam penyerapan gabah petani di seluruh daerah. 

"Namun peran Kostraling perlu mendapat dukungan dari lembaga dan pihak lain," jelasnya.

Sebelumnya BPS merilis data harga gabah kering panen di tingkat petani pada Maret 2023 menurun sebesar 7,65% dam harga gabah kering giling turun 5,99% (secara bulanan). Sedangkan secara tahunan, harga GKP meningkat sebesar 15,41%.

Baca Juga: Badan Pangan Nasional Terbitkan HET Beras Baru, Berikut Daftar Lengkapnya

Harga gabah kering giling atau GKG menurun sebesar 5,99% dibanding bulan sebelumnya. Sedangkan secara tahunan, harga GKG tercatat naik 13,10%. 

"Harga gabah turun sejak Februari 2023, seiring dengan datangnya periode panen raya," ucap Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jas, Pudji Ismartini dalam konferensi pers Senin (3/4). 

Harga beras di penggilingan pada Maret 2023 juga mulai turun jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Harga beras di penggilingan tercatat turun 1,31% secara bulanan. Namun jika dilihat secara tahunan, BPS menunjukkan harga beras masih naik sebesar 19,06%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×