kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45797,85   3,90   0.49%
  • EMAS949.000 0,74%
  • RD.SAHAM 0.00%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Menteri Keuangan Sri Mulyani pilih kesehatan atau ekonomi?


Minggu, 31 Mei 2020 / 20:30 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani pilih kesehatan atau ekonomi?
ILUSTRASI. Keterangan pers Menkeu Sri Mulyani melalui fasilitas live streaming di Jakarta.

Berita Terkait

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pandemi virus corona yang melanda Indonesia sejak awal Maret 2020 telah menginfeksi puluhan ribu warga. Ribuan orang meninggal dunia karena terinfeksi virus corona.

Satgas penanganan virus corona mengumumkan hingga Minggu (31/5) ada tambahan 700 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia, sehingga total menjadi 26.473 kasus.

Jumlah yang meninggal akibat virus corona di Indonesia bertambah 40 orang menjadi 1.613 sebanyak orang.

Pasien yang sembuh setelah sempat mengidap virus corona di Indonesia bertambah 293 orang menjadi 7.308 orang.

Dari sisi ekonomi, perekonomian nasional melemah total akibat virus corona. Banyak perusahaan kesulitan beroperasi sehingga timbul pemutusan hubungan kerja (PHK).

Kementerian Tenaga Kerja mendata pekerja formal yang kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebanyak 375.165 pekerja. Sedangkan pekerja formal dengan status dirumahkan sebanyak 1.032.960 pekerja. Serta pekerja informal yang terdampak korona sebanyak 314.833 orang.

Dikutip dari akun instagram Menteri Keuangan Sri Mulyani (smindrawati), mantan direktur World Bank ini menyatakan sektor kesehatan dan ekonomi sama pentingnya dan harus berjalan bersama.

"Pandangan yang seolah-olah mendahulukan ekonomi sehingga buru-buru dilakukan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) adalah tidak benar," tulis Sri Mulyani, Minggu (31/5/2020).

Menurut Sri Mulyani, pemerintah berkomitmen menjaga keseimbangan keduanya.

Sejak Maret 2020, melalui pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pemerintah melakukan langkah untuk memprioritaskan kesehatan dengan terlebih dahulu merelokasikan anggaran untuk sarana dan fasilitas kesehatan bagi tenaga medis, tenaga kesehatan, serta masyarakat langsung.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×