kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,92   5,28   0.57%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menlu Retno hadiri pertemuan menlu se-ASEAN di Thailand


Sabtu, 19 Januari 2019 / 08:45 WIB
Menlu Retno hadiri pertemuan menlu se-ASEAN di Thailand


Reporter: Rezha Hadyan | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menghadiri pertemuan ASEAN Foreign Ministers Retreat (AMM Retreat) di Chiang Mai, Thailand Jumat (18/1). AMM Retreat kali ini secara khusus membahas program kerja dan prioritas ASEAN dibawah keketuaan Thailand untuk tahun 2019 dengan tema “Advancing Partnership for Sustainability”.

Sejalan dengan tema yang diusung, AMM Retreat membahas berbagai isu terkait pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim, dan konektivitas. Menghadapi berbagai tantangan pembangunan berkelanjutan, para Menlu ASEAN sepakat untuk mendorong komplementaritas dan kerja sama lebih erat untuk mencapai ASEAN Community Vision 2025 dan UN 2030 Agenda on Sustainable Development.

Para Menlu ASEAN juga membahas proses ASEAN Community Building, termasuk melalui upaya untuk meningkatkan pengetahuan di masyarakat mengenai ASEAN. Dalam kaitan ini, ASEAN akan membentuk Network of ASEAN Association guna meningkatkan kepedulian masyarakat mengenai ASEAN diseluruh negara anggota, dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk diantaranya akademisi.

Dalam pembahasan Menlu Retno menekankan pentingnya melibatkan peran milenials dalam upaya memperkuat proses community building ASEAN. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan tidak saja awareness namun juga rasa menjadi bagian dari ASEAN bagi generasi muda.

“Salah satu cara Indonesia untuk meningkatkan kepedulian generasi muda dan milenials kepada ASEAN adalah dengan memilih Duta Muda ASEAN setiap tahun,” kata Menlu Retno melalui keterangan tertulis yang diterima oleh Kontan.co.id Jumat malam (18/1).

Indonesia terus mendorong untuk diselesaikannya konsep ASEAN mengenai Indo-Pasifik, sesuai dengan prinsip dan ruang lingkup kerja sama yang disampaikan Indonesia. Berbagai kemajuan telah dicapai dan diharapakan konsep tersebut dapat disepakati pada KTT ASEAN yang akan datang.

“Indonesia menyambut baik kontribusi dan masukan anggota ASEAN yang telah memperkaya konsep Indo-Pasifik ASEAN. Ditengah dinamika kawasan, konsep kerja sama Indo-Pasifik ASEAN akan mengukuhkan sentralitas ASEAN dalam berkontribusi bagi stabilitas dan kesejahteraan kawasan secara berkelanjutan,” kata mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda itu.

Dalam membahas program kerja ASEAN 2019, Indonesia mendorong agenda pengarusutamaan peran perempuan dalam perdamaian dan keamanan kawasan. Menlu Retno menekankan bahwa perempuan memiliki berbagai keunggulan yang dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga perdamaian dan keamanan di kawasan.

Dalam kaitan ini, Indonesia akan menyelenggarakan Pelatihan Regional mengenai Perempuan, Perdamaian dan Keamanan pada bulan Maret 2019 mendatang.

Beberapa isu lain yang mendapat perhatian Menlu ASEAN terkait percepatan finalisasi Code of Conduct in the South China Sea, perkembangan situasi di Rakhine State dan peran AHA center, serta bertukar pandangan mengenai perkembangan isu internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Strategi Penagihan Kredit / Piutang Macet secara Dini & Terintegrasi serta Aman dari Jerat Hukum

[X]
×