CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.010,74   -8,25   -0.81%
  • EMAS994.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Menko Airlangga Dorong Optimalisasi Pertumbuhan Industri Kreatif RI


Minggu, 16 Januari 2022 / 11:22 WIB
Menko Airlangga Dorong Optimalisasi Pertumbuhan Industri Kreatif RI
ILUSTRASI. Menko Airlangga Dorong Optimalisasi Pertumbuhan Industri Kreatif RI


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong optimalisasi pertumbuhan industri kreatif Indonesia yang memiliki 8,2 jumlah usaha, antara lain dengan mengapresiasi perhelatan Wayang Youth Festival.

“Saya sangat mengapresiasi sekali acara Wayang Youth Festival untuk membangkitkan industri kreatif Indonesia yang sekaligus menanamkan kebanggaan bagi anak muda kita untuk menciptakan karya yang memiliki nafas, identitas, dan budaya asli Indonesia, sehingga kita tampil berbeda dari konten luar negeri,”  kata Menko Airlangga Hartarto dalam keterangan resmi, Minggu (16/1).

Menurutnya, industri kreatif berbasis budaya Indonesia memiliki kelebihan di pasar domestik yang menjadi peluang bagi anak-anak bangsa untuk dapat menampilkan konten kreatif, sekaligus mendapatkan manfaat ekonomi.

Namun demikian, pelaku industri kreatif juga harus siap bersaing dengan banjirnya konten-konten dari luar negeri.

Baca Juga: Lulusan Pendidikan Vokasi Dibutuhkan Dunia Usaha

"Kita harus dapat menghadapi krisis identitas dan budaya akibat masifnya konten tayangan budaya luar yang masih mendominasi di Indonesia dengan berbagai produk atau konten kreatif hasil anak bangsa kita sendiri,” ujar Menko Airlangga Hartarto.

Pemerintah akan terus konsisten mendukung pertumbuhan industri kreatif dan menjadikan industri kreatif sebagai salah satu sektor yang bisa menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Dari sisi SDM, pemerintah telah menginisiasi berbagai program, di antaranya Kartu Prakerja, Digital Talent Scholarship, dan Gerakan Nasional Literasi Digital.

Baca Juga: Sandiaga Uno Sebut Ada 1.831 Desa Wisata yang Berpotensi Tarik Wisatawan

Selain itu pemerintah juga terus mendorong program infrastruktur digital di antaranya pembangunan jaringan fiber optik Palapa Ring, Menara BTS dan jaringan internet di daerah 3T, perluasan wilayah 4G, pengembangan sistem 5G, peluncuran satelit multifungsi SATRIA, pembangunan beberapa pusat data nasional.

“Kami berharap Program Wayang Youth Festival ini bisa terus dilanjutkan dalam bentuk inkubasi untuk memberikan pendampingan, pelatihan, dan pembiayaan bagi para pelaku industri kreatif lokal hingga mereka mampu menghasilkan karya asli Indonesia yang menarik mata dunia dan menguntungkan secara ekonomi,” pungkas Menko Airlangga Hartarto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×