kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sandiaga Uno Sebut Ada 1.831 Desa Wisata yang Berpotensi Tarik Wisatawan


Jumat, 14 Januari 2022 / 13:39 WIB
Sandiaga Uno Sebut Ada 1.831 Desa Wisata yang Berpotensi Tarik Wisatawan
ILUSTRASI. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Industri pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi sektor yang paling terpukul dengan adanya pandemi Covid-19. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pemerintah terus melakukan berbagai langkah untuk membantu sektor ini kembali bangkit.

Selain mengembang destinasi wisata prioritas pemerintah juga akan mengembangkan desa wisata. Dimana salah satu ecotourism yang dapat didorong perkembangannya ialah, desa wisata.

Sandiaga menambahkan, generasi Z dan milenial saat ini sangat tertarik akan adanya isu-isu lingkungan. Oleh karenanya ecotourism menjadi sektor wisata yang dinilai akan mampu menarik wisatawan nusantara terutama generasi Z dan milenial.

Pasalnya, kunjungan masyarakat ke desa wisata naik 30-35% ditambah dengan salah satu desa wisata di Indonesia yaitu Ngelangeran, Gunungkidul, DI Yogyakarta berhasil menyabet penghargaan sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia 2021 atau Best Tourism Village 2021 dari Organisasi Pariwisata Dunia di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO).

Baca Juga: Berkaca dari Nataru, Sandiaga Uno yakin sektor parekraf tumbuh di tahun ini

Hal tersebut menjadi bukti bahwa destinasi wisata yang menawarkan ecotourism serta isu-isu lingkungan dan berkelanjutan menjadi potensi wisata yang patut diperhitungkan.

Usai melakukan program anugrah desa wisata Indonesia, Sandiaga mengatakan terdapat 1.831 desa wisata yang memiliki potensi untuk 'dijual' wisatanya kepada wisatawan.

"Waktu kita mulai program anugerah desa wisata Indonesia, ternyata ada 1.831, hampir 2.000 desa wisata. Dan lebih banyak lagi yang belum diterima. Itu dari seluruh Indonesia dari Aceh sampai Papua. Inilah ikon kebangkitan pariwisata kita, desa wisata terbaik," kata Sandiaga dikutip dalam Podcast Helmy Yahya Bicara, Jumat (14/1).

Baca Juga: Pemerintah Perkuat Kesiapan Infrastruktur di 5 Destinasi Wisata Super Prioritas




TERBARU

[X]
×