kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,48   2,44   0.24%
  • EMAS943.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Megawati Soekarnoputri Ingatkan Kemerdekaan Itu Harus Dipelihara Turun Temurun


Rabu, 17 Agustus 2022 / 14:02 WIB
Megawati Soekarnoputri Ingatkan Kemerdekaan Itu Harus Dipelihara Turun Temurun
ILUSTRASI. Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri (kiri) berbincang dengan Mantan Wapres Try Sutrisno (tengah) dan Hamzah Haz , Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden ke-5 Indonesia, Megawati Soekarnoputri, mengatakan bahwa kemerdekaan Indonesia haruslah dipelihara. Menurutnya salah satu cara memelihara kemerdekaan adalah melalui cerita dari generasi ke generasi.

Megawati menjelaskan bahwa kemerdekaan bukanlah sebuah hal yang mudah diraih oleh bangsa yang telah 77 tahun merdeka.

"Kita tahu dari sejarah bangsa kita, kita ini merdeka bukan karena diberi tetapi karena semangat juang untuk mau merdeka, yang sekarang karena sudah merdeka. Ini Jangan dianggap sebagai sebuah take it for granted, atau artinya ya sudah, sudah merdeka ya sudah merdeka. Tetapi seharusnya itu terus dipelihara," ujar Megawati dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (17/8).

Adapun cara memelihara kemerdekaan salah satunya dengan diceritakan kepada generasi berikutnya. Megawati menambahkan, hal ini menjadi satu cerita yang terus-menerus diwariskan dari satu generasi ke generasi yang lain.

Baca Juga: Pamerkan Keberhasilan & Prestasi, Ini Isi Pidato Kenegaraan Jokowi Selasa (16/8)

Megawati menceritakan, bangsa Indonesia itu mempunyai sebuah kekuatan yang luar biasa. Di mana, pada masa Ia menjabat sebagai Presiden, Indonesia ikut terdampak krisis global. Yakni krisis di sektor ekonomi keuangan dengan dampak yang cukup berat.

Kemudian sebagai langkah mengatasi krisis pada masa itu dibentuklah Bantuan Likuiditas Bank Indonesia. "Yang pada waktu dari sejak Wapres sampai ke Presiden itu termasuk harus saya tangani dengan serius," ujarnya.

Pada waktu itu, Megawati menyebut ada andil masyarakat Indonesia dalam proses penanganan krisis tersebut.

"Tidak bisa saya kira pemerintah akan secepat itu menanganinya. Sebagai sebuah contoh bahwa kita bisa melunasi dengan baik hutang-hutang kita melalui IMF itu adalah sebuah kekuatan yang harus terus dipelihara," jelasnya.

Baca Juga: Puji Megawati di Rakernas II PDIP, Jokowi: Auranya Sangat Cantik Sekali

Kemudian, saat ini krisis kesehatan yang berdampak juga pada sektor ekonomi juga terlihat andil masyarakat agar Indonesia bisa melewati pandemi Covid-19.

"Kita sendiri bisa melihat dan kita sendiri diakui bahwa kita pun mampu dalam mengatasi proses Covid-19 ini dengan baik, dan kita juga dari sisi ekonomi praktis kalau menurut saya semuanya dapat diatasi dan berjalan dengan baik. Itulah nilai-nilai yang seperti tadi saya katakan, kita ini pejuang," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×