kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mari Elka Pangestu: Pertumbuhan ekonomi 2020 salah satunya dipengaruhi virus corona


Kamis, 06 Februari 2020 / 05:35 WIB
Mari Elka Pangestu: Pertumbuhan ekonomi 2020 salah satunya dipengaruhi virus corona


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019 mencapai 5,02 year on year (yoy). Angka ini lebih rendah dibandingkan pertumbuhan ekonomi 2018 yang mencapai 5,17%.

Meskipun begitu, Menteri Perdagangan RI 2004-2011 sekaligus Senior Fellow CSIS Indonesia Mari Elka Pangestu menilai, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih tergolong stabil di tengah kondisi yang penuh ketidakpastian ini. Dibandingkan dengan negara lainnya, ia juga melihat bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia masih dalam keadaan baik. 

Saat ditanya mengenai prediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2020 ini, menurut Mari, hal tersebut tergantung stimulus fiskal dari pemerintah serta perkembangan terkait merebaknya virus Corona.

Pasalnya, penyebaran virus ini dapat menurunkan pertumbuhan ekonomi China. "Menurut makro model yang pernah dilakukan hitung-hitungannya, setiap 1% penurunan pertumbuhan ekonomi China dapat menyebabkan ekonomi Indonesia turun 0,3%," ungkap dia pada acara Mandiri Investment Forum (FIM) 2020 di Jakarta, Rabu (4/2). 

Terlebih lagi, Indonesia banyak mengekspor komoditas seperti minyak kelapa sawit dan batubara ke Negeri Tirai Bambu tersebut. Dengan begitu, turunnya pertumbuhan ekonomi China akan berpengaruh pada permintaan dan harga komoditas ini.   

Ia bahkan melihat, merebaknya virus Corona ini telah bedampak langsung pada sektor pariwisata dan transportasi Indonesia. Meskipun begitu, penurunan pada sektor-sektor ini diprediksi tidak berpengaruh besar pada pertumbuhan ekonomi dalam negeri, sebab kedua sektor tersebut hanya menyumbang 7%-8% produk domestik bruto Indonesia. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×