kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45869,72   -16,46   -1.86%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Login Dashboard.prakerja.go.id, Ini Solusi Jika Ada Kendala Daftar Prakerja


Sabtu, 19 Februari 2022 / 08:09 WIB
Login Dashboard.prakerja.go.id, Ini Solusi Jika Ada Kendala Daftar Prakerja
ILUSTRASI. Login Dashboard.prakerja.go.id, Ini Solusi Jika Ada Kendala Daftar Prakerja


Reporter: Adi Wikanto, Ratih Waseso | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Dashboard.prakerja.go.id masih membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 23 pada hari ini, Sabtu 19 Februari 2022. Berikut solusi yang bisa dilakukan jika mengalami kendala saat pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 23.

Pendaftaran Kartu Prakerja kali ini merupakan gelombang 23 sejak dibuka tahun lalu. Sama seperti gelombang sebelumnya, kuota Kartu Prakerja awal tahun 2022 ini untuk 500.000 penerima.

Pendaftar yang lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 23 akan mendapatkan bantuan tunai dari pemerintah. Total nilai bantuan Kartu Prakerja per orang mencapai Rp 3,55 juta.

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 23 berlangsung secara online. Pendaftar cukup login di Dashboard.prakerja.go.id untuk mendaftar Kartu Prakerja gelombang 23.

Lalu bagaimana jika ada kendala saat mendaftar Kartu Prakerja di Dashboard.prakerja.go.id?

Dilansir dari Kompas.com, jika mengalami kendala, pendaftar bisa mengirim form pengaduan pada laman yang telah disediakan, yakni www.prakerja.go.id/pengaduan. Akses form pengaduan tersebut juga dapat ditemukan pada kanan bawah halaman depan https://www.prakerja.go.id/ yang bergambar seseorang sedang membawa ponsel.

Nantinya, pendaftar akan diminta untuk mengisi nama lengkap, nomor telepon, dan e-mail. Selanjutnya, pilih "Kendala" pada kotak pengaduan. Akan ada banyak pilihan kendala terkait pengaduan Kartu Prakerja. Pilih "Registrasi" untuk kendala saat mendaftar.

Pendaftar kemudian bisa memilih secara khusus kendala saat registrasi, seperti gagal buat akun, gagal unggah KTP, hingga NIK sudah terdaftar. Penjelasan lebih detail, pendaftar dapat menuliskannya dalam kolom deskripsi kendala yang sudah disediakan.

Pengaduan dapat juga dilengkapi dengan unggahan foto atau tangkapan layar bukti keluhan yang ditemui saat mendaftar Kartu Prakerja. Setelah semua diisi, centang kotak persetujuan dan kirim pesan tersebut. Form pengaduan tersebut juga dapat dimanfaatkan bagi pendaftar yang terblokir akunnya, meski tidak melanggar ketentuan dan syarat.

Baca Juga: Buka Dashboard Prakerja untuk Daftar Gelombang 23, Bisa Terima Bantuan Rp 3,55 Juta

Sebelumnya Kontan.co.id memberitakan, sejak dibuka pada 11 April 2011, jumlah penerima Program Kartu Prakerja telah mencapai 11,4 juta orang dari 22 gelombang pendaftaran. Berdasarkan Riset The Abdul Latif Jameel Poverty Action Lab (J-PAL) Southeast Asia dan Rumah Presisi Indonesia memberikan bukti ilmiah bahwa Program Kartu Prakerja berdampak positif terhadap kompetensi, produktivitas, kebekerjaan, kewirausahaan, dan pendapatan para penerima, selain dari aspek ketahanan pangan, ketahanan finansial, serta inklusi keuangan.

“Program Kartu Prakerja berhasil menjalankan misi gandanya di masa pandemi, yakni meningkatkan keterampilan sekaligus menjaga daya beli masyarakat," tutur Menko Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Cipta Kerja dalam Konferensi Pers Virtual, Kamis (17/2).

Baca Juga: Login di Prakerja.go.id, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23 Dibuka 500.000 Kuota

Manfaat Kartu Prakerja

Peserta yang berhasil lolos seleksi program Kartu Prakerja akan mendapat manfaat berupa bantuan pelatihan/pembekalan kompetensi kerja dan/atau kewirausahaan. Para peserta juga mendapatkan insentif tunai.

Setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat bernilai total Rp 3.550.000, terdiri dari:

1. Bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra termasuk SISNAKER.

2. Insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay milik peserta. Insentif ini terdiri dari dua bagian:

- Insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan (Rp 2,4 juta).

- Insentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei untuk tiga kali survei (Rp150.000).

Cara daftar atau membuat akun Prakerja Gelombang ke-23

Akun Prakerja hanya bisa dibuat melalui laman resmi Prakerja di prakerja.go.id. Berikut cara daftar atau membuat akun Prakerja:

  1. Masuk ke laman prakerja.go.id
  2. Masukkan alamat email yang masih aktif pada halaman depan laman Prakerja, klik bulatan berwarna biru yang ada di samping kanan kolom email.
  3. Masukkan kembali alamat email yang sebelumnya digunakan, kali ini beserta kata sandinya.
  4. Berikan tanda centang pada kolom persetujuan, kemudian Klik "Daftar".
  5. Pesan berisi tautan untuk memverifikasi akun akan dikirimkan melalui email.
  6. Buka email yang masuk dan verifikasi akun dengan mengklik teks "verifikasi sekarang" pada email yang diterima.
  7. Pembuatan akun Prakerja selesai.

Cara login dashboard Prakerja

Setelah daftar atau membuat akun, kamu bisa masuk atau login ke dashboard Prakerja. Berikut cara login dashboard Prakerja

  1. Masuk ke laman prakerja.go.id
  2. Klik "Masuk" yang ada di bagian menu yang terletak di bagian kanan atas laman.
  3. Masukkan alamat email dan kata sandi yang telah dibuat.
  4. Selesai, kamu telah masuk di dashboard Prakerja
  5. Setelah masuk ke akun, kamu bisa memulai proses pendaftaran dengan mengisikan data diri dan mengunggah dokumen yang diperlukan.
  6. Selanjutnya kamu diminta memasukkan nomor ponsel yang juga didaftarkan untuk akun rekening/e-wallet yang akan dipilih untuk menyalurkan dana insentif nantinya, jika lolos seleksi. Pilihannya adalah rekening BNI, rekening BCA, OVO, GoPay, LinkAja, dan Dana.

Syarat mendaftar Prakerja Gelombang 23 tahun 2022

Syarat mendaftar Program Kartu Prakerja Gelombang 23 tahun 2022 antara lain:

  1. WNI berusia 18 tahun ke atas
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil
  4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19
  5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD
  6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja

Demikian cara daftar atau membuat akun Prakerja untuk pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 23 dan solusi jika mengalami kendala. Semoga Anda lolos seleksi Prakerja Gelombang ke-23.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×