kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Liburan Sekolah di Jabodetabek Diperpanjang, Kapan Siswa Mulai Masuk?


Senin, 09 Mei 2022 / 09:17 WIB
Liburan Sekolah di Jabodetabek Diperpanjang, Kapan Siswa Mulai Masuk?
ILUSTRASI. Pemerintah memperpanjang libur sekolah selama tiga hari di tiga provinsi, khususnya di Jabodetabek. ANTARA FOTO/Saiful Bahri/aww.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para siswa sekolah harus mengetahui informasi ini. Pemerintah memperpanjang libur sekolah selama tiga hari di tiga provinsi, khususnya di Jabodetabek. 

Itu artinya, siswa di daerah tersebut yang sebelumnya dijadwalkan masuk pada Senin (9/5/2022) mendapat libur tambahan menjadi masuk pada Kamis (12/5/2022). 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, keputusan memperpanjang masa libur sekolah itu merupakan antisipasi kemacetan arus balik yang diprediksi masih terus berlangsung. 

"Perubahan tanggal masuk sekolah setelah libur Lebaran ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas pada arus balik Lebaran 2022," kata Muhadjir, Jumat (6/5/2022). 

Muhadjir menjelaskan, penambahan libur sekolah juga tidak memengaruhi upaya memperkecil ketertinggalan pembelajaran akibat pandemi. 

Baca Juga: Hingga H+3 Lebaran, 1,2 Juta Mobil Pemudik Belum Kembali ke Jabodetabek

"Oleh karena itu, kehadiran anak-anak di sekolah dalam pembelajaran tetap penting untuk mengejar ketertinggalan tersebut, dengan tetap memperhatikan disiplin protokol kesehatan," tutur dia. 

Jakarta lebih dulu perpanjang masa libur sekolah 

Berbeda dari dua provinsi lainnya, DKI Jakarta sudah sejak awal menetapkan tanggal masuk libur Lebaran pada 12 Mei 2022. Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 13505/1.851 tentang Kegiatan Akhir Tahun Pelajaran 2021/2022 yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta. 

"Memang tidak ada kemunduran atau kemajuan, karena memang sudah ditetapkan tanggal segitu. Dari awal (libur Lebaran) mulai 29 April sampai 11 Mei sesuai dengan rencana kalender pendidikan," ungkap Kasubag Humas Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, Taga Radja, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (6/5/2022). 

Baca Juga: Diundur, Ini Jadwal Terbaru Masuk Sekolah Setelah Lebaran di Jakarta, Jabar, & Banten

Adapun dua provinsi lainnya yaitu Banten dan Jawa Barat yang semula menetapkan hari masuk 9 Mei 2022 kini diubah menjadi 12 Mei 2022.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Libur Sekolah di Jabodetabek Diperpanjang 3 Hari, Siswa Mulai Masuk 12 Mei"
Penulis : Singgih Wiryono
Editor : Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×