kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45865,51   3,33   0.39%
  • EMAS924.000 -0,22%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

LCS dengan China bisa tekan volatilitas rupiah jangka panjang


Minggu, 25 Juli 2021 / 21:47 WIB
LCS dengan China bisa tekan volatilitas rupiah jangka panjang
ILUSTRASI. Mata uang Yuan, Reminbi China (CNY)

Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah menunggu sejak tahun 2020 lalu, Bank Indonesia (BI) mengumumkan bahwa kini seluruh persyaratan maupun teknis operasional transaksi local currency settlement (LCS) dengan China sudah selesai.

Sebelumnya, BI dengan bank sentral China atau People’s Bank of China (PBOC) telah menekan nota kesepahaman terkait kerja sama LCS ini pada Oktober 2020.

Dengan adanya skema kerja sama LCS ini, diharapkan mampu mendorong penggunaan mata uang lokal dalam penyelesaian transaksi perdagangan dan investasi langsung.

Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira berharap, dampak penggunaan Yuan untuk perdagangan, terutama ekspor ini bisa menurunkan volatilitas nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) dalam jangka panjang.

Baca Juga: BI sudah selesai susun peraturan dan tunjuk bank untuk kerja sama LCS dengan China

Pasalnya, dengan adanya kerja sama LCS ini, porsi penggunaan dollar AS bisa menyusut, sehingga bisa memitigasi risiko pelemahan nilai tukar rupiah.

“Apalagi size (ukuran) ekspor Indonesia ke China juga besar. Plus, saat ini Indonesia bersiap menghadapi tapering off atau perubahan stimulus moneter AS,” ujar Bhima kepada Kontan.co.id, Minggu (25/7).

Menilik data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada akhir tahun 2020, terpantau ekspor non migas Indonesia ke China sebesar US$ 3,32 miliar atau memegang pangsa 21,39% dari total ekspor non migas.

Porsinya pun terus berkembang pada tahun 2021. Tercatat hingga Juni 2021 saja, ekspor non migas ke China sebesar US$ 4,13 miliar atau memegang porsi 23,88% dari total ekspor non migas.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×