kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kreditur minta pengadilan telusuri aset Cipaganti


Senin, 14 Juli 2014 / 14:41 WIB
Kreditur minta pengadilan telusuri aset Cipaganti


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) Koperasi Cipaganti Karya Guna Persada (KCKGP) masih berlangsung di Pengadilan Niaga (PN) Jakarta Pusat. Namun kreditur masih khawatir perihal aset-aset milik Cipaganti Group yang disinyalir belum semuanya diungkap kepada para kreditur atau mitra usaha.

Salah seorang kuasa Hukum mitra usaha Koperasi Cipaganti bernama Caesar Aidil Fitri  meminta hakim pengawas pada PN Jakarta Pusat menginvestigasi secara tuntas  aset milik koperasi Cipaganti. Soalnya, mitra menduga pengurus koperasi cenderung melindungi dan menyembunyikan aset-aset  milik Cipaganti Group,  yang seharusnya bisa digunakan untuk mengembalikan uang para mitra usaha.

Ia mengatakan mitra telah melakukan investigasi untuk mengetahui keberadaan aset-aset Cipaganti Group. "Seharusnya aset-aset Cipaganti Group bisa ditarik dan disita atau dieksekusi untuk kepentingan mitra usaha," ujarnya, Senin (14/7).

Caesar meminta agar para pengurus Koperasi Cipaganti terbuka terhadap aset-aset milik Cipaganti Group. Ia bilang usulan restrukturisasi dalam kasus gagal bayar dana investor senilai Rp 3,2 triliun, yang diajukan pengurus koperasi tidak realistis karena dinilai merugikan  mitra usaha. Mitra akan terus mengejar keberadaan aset-aset tersebut.
 
Caesar berharap pengurus koperasi bersikap jujur, sebab  perusahaan yang tergabung dalam Cipaganti Group, yang  kecipratan dana milik para mitra usaha koperasi, terancam kehilangan asetnya  untuk direlakan bagi penyelesaian utang. Apalagi Cipaganti Group merupakan perusahaan terbuka yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Kegagalan mencapai perdamaian dalam PKPU berpotensi merembet ke Cipaganti Group.

Seperti diketahui, Koperasi Cipaganti yang kini dalam PKPU menyalurkan dananya ke Cipaganti Group. Selama periode 2007-2014, koperasi telah menjalin kemitraan bersama 8.700 mitra usaha,   dengan penyertaan dana sekitar Rp 3,2 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×