kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KPU gelar rapat persiapan debat kedua pilpres, ini yang dibahas


Rabu, 06 Februari 2019 / 13:26 WIB
KPU gelar rapat persiapan debat kedua pilpres, ini yang dibahas


Sumber: Kompas.com | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan kembali menggelar rapat persiapan debat kedua pilpres pada hari ini, Rabu (6/2). 

Rapat tersebut rencananya dihadiri oleh tim kampanye Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, media penyiaran serta tempat penyelenggara debat. 

"Rapat itu untuk memastikan rencana-rencana teknis dapat berjalan sesuai kesepakatan bersama sesuai rencana yang kita tetapkan," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan, di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (5/2).

Wahyu mengatakan, salah satu yang akan dibahas KPU dalam rapat adalah konsep baru dalam debat kedua yang berbeda dengan debat pertama. 

Konsep baru itu misalnya, tak diberikannya kisi-kisi pertanyaan debat ke kandidat, tata panggung yang tidak menempatkan pendukung di belakang kandidat, hingga perubahan segmentasi debat. 

Menurut Wahyu, segmen keempat debat akan dialokasikan untuk kandidat melakukan 'debat bebas'. 

Artinya, waktu untuk berdebat tidak hanya 1 atau 2 menit, melainkan lebih lama. 

"Sesi keempat formatnya betul-betul baru, akan sangat longgar. Sehingga memungkinkan kandidat berdebat secara terbuka, rileks, dan pemirsa lebih nyaman," ujar dia. 

Belum ada penjelasan detail mengenai mekanisme 'debat bebas' tersebut. Mekanisme itu, kata Wahyu, baru akan dibahas kembali pada rapat hari ini. 

Wahyu menambahkan, dalam debat kedua peran moderator juga akan diperbesar. 

Debat kedua pilpres akan digelar Minggu (17/2). Peserta debat adalah calon presiden. Tema yang diangkat energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. 

Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Empat stasiun televisi akan menyiarkan debat, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV. (Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Hari Ini, KPU Kembali Gelar Rapat Persiapan Debat Kedua Pilpres"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×