kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KPK Amankan Senjata Api Saat Penggeledahan Rumah Dinas Syahrul Yasin Limpo


Jumat, 29 September 2023 / 15:22 WIB
KPK Amankan Senjata Api Saat Penggeledahan Rumah Dinas Syahrul Yasin Limpo
ILUSTRASI. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjawab pertanyaan wartawan usai memenuhi panggilan KPK di Gedung KPK lama, Jakarta, Senin (19/6/2023). Mentan Syahrul Yasin Limpo dipanggil KPK untuk dimintai keterangan dalam proses penyelidikan dugaan kasus korupsi yang sedang didalami KPK di lingkungan Kementerian Pertanian. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya uang tunai miliaran rupiah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga mengamankan sejumlah senjata api (senpi) saat menggeledah rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Jalan Widya Chandra, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sejak Kamis (28/9) sore hingga Jumat (29/9) siang.

Soal senjata api ini, Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri mengatakan, tim penyidik KPK telah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya terkait senjata itu.

"Tadi bertanya apakah betul ada senpi? Kami ingin menjelaskan bahwa kami sudah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Daerah DKI Jakarta," ujar Ali dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (29/9).

Ali enggan membeberkan lebih lanjut berapa jumlah senpi yang ditemukan di rumah Syahrul, termasuk legalitas kepemilikan senjata itu.

Baca Juga: Geledah Rumah Dinas Syahrul Yasin Limpo, KPK Amankan Uang Puluhan Miliar

Menurut Ali, KPK hanya menganalisis sejumlah barang atau benda yang diduga terkait dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian.

"Nanti, berapa jumlahnya, apakah ada intinya dan lain-lain tentu itu di luar kewenangan dari KPK," tutur Ali.

KPK tengah menyelidiki dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan). Lembaga antirasuah juga gejag menganalisis keterangan 49 pejabat di Kementerian Pertanian (Kementan) termasuk Syahrul Yasin Limpo selaku Menteri Pertanian.

KPK menyatakan tengah mengusut tiga klaster dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian.

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu mengatakan, permintaan keterangan kepada Syahrul Yasin Limpo terkait klaster korupsi yang pertama. Namun demikian, sampai saat ini KPK belum mengungkap penyidikan terkait dugaan korupsi di Kementan.

Baca Juga: KPK Geledah Rumah Dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Penulis: Syakirun Ni'am
Editor: Icha Rastika

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPK Amankan Sejumlah Senjata Api di Rumah Mentan Syahrul Yasin Limpo".

Selanjutnya: Cara Meracik Smoothie Pisang Bayam untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Menarik Dibaca: Promo Guardian Terbaru 28 September-11 Oktober 2023, Tambah Rp 1.000 Dapat 2 Maskara!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×