kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.194   6,00   0,04%
  • IDX 7.066   -30,70   -0,43%
  • KOMPAS100 1.055   -6,75   -0,64%
  • LQ45 830   -5,26   -0,63%
  • ISSI 215   0,27   0,12%
  • IDX30 424   -2,36   -0,55%
  • IDXHIDIV20 513   -0,30   -0,06%
  • IDX80 120   -0,79   -0,65%
  • IDXV30 124   -1,30   -1,04%
  • IDXQ30 142   -0,32   -0,23%

Konsumen bisa mengadu jika transaksi pakai valas


Selasa, 10 Maret 2015 / 15:46 WIB
Konsumen bisa mengadu jika transaksi pakai valas
ILUSTRASI. Manfaat cuka apel untuk kesehatan.


Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Salah satu penyebab rupiah mengalami pelemahan adalah karena suplai valuta asing (valas) dollar Amerika Serikat (AS) yang meningkat. Permintaan dollar AS yang meningkat salah satu sumbernya berasal dari banyaknya transaksi dalam negeri yang masih menggunakan dollar.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan Indonesia sudah mempunyai Undang-Undang (UU) mata uang yang mewajibkan transaksi dalam negeri menggunakan rupiah. Namun pada kenyataannya masih banyak transaksi dalam negeri yang menggunakan dollar. "Ini yang menyulitkan kendalikan permintaan terhadap dollar," ujarnya, Selasa (10/3).

Dirinya memberi contoh, ada kawasan industri di daerah Jakarta Timur yang menggunakan sewa terhadap semua tenantnya dalam dollar per meter persegi. Menurut Bambang, pemerintah tidak menjadi masalah apabila acuan harga yang diambil adalah dollar, namun nanti dalam transaksinya harus menggunakan rupiah.

Untuk mendisplinkan transaksi ini, pemerintah mengambil tindakan. Kementerian Keuangan (Kemkeu), Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan penegak hukum akan membentuk tim gabungan untuk memberikan pelaksanaan yang tegas dalam UU mata uang. Salah satu bentuk realisasi yang akan dilakukan tim gabungan adalah membentuk call center aduan masyarakat.

Call center ini akan menjadi basis masyarakat untuk bisa menerima aduan apabila mengetahui ada transaksi dalam negeri yang masih menggunakan valas dalam bentuk apapun. "Selama ini masyarakat bingung mau ngadu ke mana. Kita akan buat call center yang mudah diingat dan ada petugas yang bisa tindak lanjuti," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×