kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Komitmen investasi dari Singapura melesat drastis


Rabu, 31 Agustus 2016 / 14:11 WIB
Komitmen investasi dari Singapura melesat drastis


Reporter: Adinda Ade Mustami | Editor: Adi Wikanto

Singapura. Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) untuk Singapura berhasil menjaring komitmen investasi sebesar US$ 11,2 miliar hingga saat ini. Jumlah tersebut naik tiga kali lipat dibanding periode yang sama pada tahun lalu sebesar US$ 3,4 miliar.

Direktur Pusat Promosi Investasi Indonesia BKPM untuk Singapura Ricky Kusmayadi mengatakan, komitmen investasi dari Singapura saat ini menempati urutan ketiga penanaman modal asing (PMA) terbesar. Di urutan pertama, ada komitmen investasi dari Amerika Serikat (AS) sebesar US$ 16,5 miliar. Sedangkan urutan kedua Malaysia sebesar US$ 13,3 miliar.

"Sektor yang paling besar untuk komitmen investasi dari investor Singapura, yaitu telekomunikasi, pergudangan, dan distributor," kata Ricky usai acara penandatanganan kerja sama pembelian simulator pesawat Embraer E190 antara PT SIMAero Asia Pte Ltd dengan CAR Inc, di Singapura, Rabu (31/8).

Lebih lanjut Ricky melanjutkan, ada satu investor yang berniat investasi di Indonesia dengan nilai komitmen fantastis, mencapai US$ 4,6 miliar. PMA tersebut bergerak di bidang gudang penyimpanan minyak dan gas. "Mereka masuk di Batam. Izin prinsipnya sudah keluar," tambah Ricky.

Lebih lanjut ia meyakini, minat investasi Singapura di Indonesia masih sangat besar. Sepanjang tahun ini, ia menargetkan adanya komitmen investasi sebesar US$ 22 miliar, jauh lebih dari target tahun lalu. Ia meyakini, target tersebut dapat tercapai melihat gambaran tahun lalu, komitmen investasi yang didapat mencapai US$ 16 miliar dari target US$ 9 miliar.

Adapun realisasi investasi PMA Singapura tercatat sebesar US$ 2,9 miliar, naik 26% dbandingkan periode yg sama tahun lalu sebesar US$ 2,3 miliar. Berdasarkan lokasinya, nilai realisasi investasi terbesar tersebar di Sumatera Selatan US 1,9 miliar, DKI Jakarta US$ 230 juta, Jawa Barat US$ 138 juta, Bali US$ 92 juta, Jawa Timur US$ 85,6 juta, dan Kepulauan Riau US$ 32 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×