kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45756,38   -11,60   -1.51%
  • EMAS1.009.000 -1,46%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.30%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Komite penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional gelar rapat perdana


Selasa, 21 Juli 2020 / 16:15 WIB
Komite penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional gelar rapat perdana
ILUSTRASI. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional menggelar rapat untuk pertama kalinya. Rapat ini menguraikan pelaksanaan tugas komite, perkembangan kasus Covid-19, pengembangan vaksin Covid-19, hingga percepatan penanganan dampak Covid-19 dari aspek kesehatan, sosial, ekonomi, dan keuangan.

"Dalam pembahasan rapat pertama tadi kami juga membahas hal-hal yang terkait dengan anggaran pemerintah terutama akan dibahas dengan Kementerian Keuangan dan Bappenas terkait dengan program multi years," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Selasa (21/7).

Tak hanya itu, Airlangga menyebut pihaknya membahas mengenai pilkada dan sosialisasinya hingga pengembangan penelitian dan pengembangan vaksin Covid-19, yang mana hal ini akan dibahas dalam rapat-rapat berikutnya.

Baca Juga: Gugus Tugas Penanganan Virus Corona tak bubar hanya beralih menjadi satgas

Airlangga menjelaskan, tugas dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional adalah merumuskan kebijakan, memantau perkembangan penanganan Covid dan perekonomian nasional hingga mengembangkan vaksin Covid-19 dan lainnya.

Airlangga juga menyebutkan, dalam penugasan tersebut, Satgas diberi kewenangan untuk menetapkan keputusan yang mengikat kepada kementerian, lembaga, pemerintah daerah hingga instansi lainnya juga melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak-pihak tersebut.

"Di daerah, gubernur, Bupati/Walikota yang sudah membentuk Satgas Covid-19 berdasarkan pertimbangan kepala ketua Satgas ini tetap  berjalan sesuai dengan arahan dari ketua Satgas Penanganan Covid-19, " ujar Airlangga.

Airlangga berharap, dengan adanya tim terpadu ini, maka penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi dapat berjalan beriringan. Terlebih, kedua sisi ini ditangani oleh lembaga yang sama dan dikoordinasikan dengan maksimal.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×