kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kementerian PUPR mulai bangun dua bendungan baru di Jawa Tengah


Jumat, 09 November 2018 / 16:19 WIB
Kementerian PUPR mulai bangun dua bendungan baru di Jawa Tengah


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pembangunan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora dan Bendungan Jlantah di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 

Dimulainya pembangunan ditandai dengan penandatangan kontrak Pekerjaan Pembangunan dan Suvervisi kedua bendungan tersebut di Kantor Kementerian PUPR Kamis (8/11). “Pembangunan bendungan, embung, dan infrastruktur sumber daya air lainnya adalah upaya mencapai ketahanan air dan kedaulatan pangan sebagai bagian dari Nawacita,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu. 

Sementara, Sekretaris Direktorat Jenderal SDA Muhammad Arsyadi mengingatkan bahwa pelaksanaan pekerjaan memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), serta kualitas dan lingkungan. 

“Pekerjaan harus dilakukan full speed sejak awal. Sebagaimana disampaikan Menteri PUPR Bapak Basuki Hadimuljono, langgamnya harus rock and roll dengan menambah personil dan shift kerja. Untuk konsultan supervisi, kualifikasi tenaga ahli yang ditugaskan harus sesuai dengan yang dijanjikan dalam penawaran,” kata M. Arsyadi. 

Pembangunan Bendungan Randugunting yang berada di wilayah kerja Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana dikerjakan oleh PT WIKA – PT Andesmont Kerjasama Operasi (KSO). Nilai kontrak sebesar Rp 858 miliar dengan waktu pelaksanaan November 2018 hingga November 2022. Sedangkan untuk konsultan supervisi dilakukan oleh PT Virama Karya dan PT Tuah Agung Anugrah KSO. 

Kepala Pusat Bendungan Ni Made Sumiarsih mengatakan Bendungan Randugunting memiliki kapasitas tampungan efektif 8,61 juta m³ dan memiliki manfaat untuk mereduksi debit banjir sebesar 81,42 m³/detik, penyedian air irigasi seluas 630 ha, penyediaan air baku sebesar 150 liter/detik, serta pariwisata.

Sedangkan Proyek Bandungan Jlantah yang berada di wilayah kerja BBWS Bengawan Solo dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) – PT Adhi Karya KSO dengan nilai kontrak sebesar Rp 965 milyar. Bendungan Jlantah memiliki kapasitas tampungan efektif 8,3 juta m³. 

Bendungan dengan multi manfaat untuk sumber air irigasi seluas 1.493 ha, konservasi pemeliharaan aliran sungai sebesar 120 liter/detik, serta penyedia tenaga listrik 625 KW. Dengan tambahan dua bendungan tersebut, jumlah bendungan baru yang dimulai konstruksinya menjadi 5 bendungan di tahun 2018. 

Tiga bendungan yang sudah tandatangan kontrak sebelumnya yakni Bendungan Tiga Dihaji di Provinsi Sumatera Selatan, Bendungan Bener di Provinsi Jawa Tengah, dan Bendungan Sidan di Provinsi Bali pada 16 Oktober 2018.

Secara total dari target 65 bendungan, jumlah bendungan selesai sebanyak 9 bendungan, dalam tahap konstruksi berjumlah 39 bendungan dan sisanya ditargetkan bisa tandatangan kontrak pada akhir 2018 dan tahun 2019. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×