kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kementerian PUPR Lakukan Penanganan Tanggap Darurat Banjir Kota Serang


Kamis, 03 Maret 2022 / 13:55 WIB
Kementerian PUPR Lakukan Penanganan Tanggap Darurat Banjir Kota Serang
ILUSTRASI. Petugas mengevakuasi warga menggunakan perahu karet saat banjir di Ciledug Indah, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (20/2/2021). Kementerian PUPR Lakukan Penanganan Tanggap Darurat Banjir Kota Serang.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan berbagai upaya untuk penanganan tanggap darurat banjir Kota Serang yang terjadi pada awal Maret 2022 akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Senin malam (28/2/2022).

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Banten Kementerian PUPR Rozali Indra Saputra mengatakan, pihaknya terus melakukan pemuktahiran data dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan BPBD Kota Serang.

"Terkait kebutuhan sarana dan prasarana dasar, Satgas tanggap darurat BPPW Banten saat ini telah mengirimkan bantuan berupa dua unit Mobil Tangki Air bersih, dua unit Hidran Umum, satu mobil toilet untuk dapur umum di Gedung Juang Alun-alun kota Serang, dua unit Mobil Tangki Air Bersih dan tiga unit Hidran untuk posko pengungsi di BPBD Kota Serang, kecamatan Kasemen, dan satu perahu karet yang disiagakan untuk evakuasi lanjutan," jelas Rozali dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/3).

Baca Juga: Tingkatkan Pelayanan, Kementerian PUPR Dorong Modernisasi Jalan Tol

Kementerian PUPR akan menambah bantuan perlengkapan/peralatan tanggap darurat sesuai kebutuhan dengan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat.

Sementara Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cidanau Ciujung Cidurian Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR memastikan bahwa Bendungan Sindangheula di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, masih aman dan turut mereduksi dua pertiga luapan air di hilir Sungai Cibanten hingga Kota Serang.

“Petugas telah kami tempatkan untuk terus memantau secara ketat kondisi bendungan dari waktu ke waktu. Saat ini bendungan dalam kondisi stabil dan aman serta mampu mereduksi dua per tiga luapan air Cibanten ke arah hilir. Tidak betul informasi yang beredar bahwa Bendungan Sindangheula jebol,” kata Kepala BBWS Cidanau Ciujung Cidurian, Ketut Jayada.

Baca Juga: Daerah PPKM Level 4 Makin Banyak, Pengangguran Bisa Meningkat

Ketut menyebutkan, kondisi muka air bendungan sempat penuh atau berada pada level tertinggi pada saat terjadi hujan deras sejak Senin (28/2/2022) malam, sehingga bendungan tidak dapat menampung debit air yang masuk.

“Untuk antisipasi banjir susulan, maka bendungan akan dikurangi volume airnya sebesar 20%-25% dari volume tampungan dan akan diisi penuh kembali pada bulan April 2022 sebagai tampungan air di musim kemarau,” ujar Ketut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×