kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,11   -7,25   -0.78%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenhub rilis SOP pencegahan penyebaran corona di transportasi darat


Sabtu, 28 Maret 2020 / 22:30 WIB
Kemenhub rilis SOP pencegahan penyebaran corona di transportasi darat


Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, menerbitkan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP.1629/UM.006/DRJD/2020 tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) di Bidang Transportasi Darat.

Adapun SOP ini dibuat untuk menghambat penyebaran wabah virus corona di bidang sarana dan prasarana transportasi darat.

Baca Juga: Pemprov DKI perpanjang masa tanggap darurat corona sampai 19 April 2020

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menyatakan, di dalam Perdirjen tersebut disebutkan bahwa pencegahan penyebaran virus Corona akan dilaksanakan secara bersama-sama dengan berbagai unsur.

“Ketentuan dalam SOP tersebut nantinya dikerjakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi, Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota, Balai Pengelola Transportasi Darat, Unit Pelaksana Teknis Daerah, Operator Pelabuhan, dan Perusahaan Angkutan Umum sesuai dengan kewenangannya masing-masing,” ujar Budi di dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/3).

Dikarenakan penyebaran virus ini semakin meluas dan telah menginfeksi banyak orang, maka Budi merasa perlu untuk menerapkan SOP ini di seluruh sarana dan prasarana transportasi darat.

Adapun tindakan pencegahan penyebaran virus Corona pada transportasi darat yang diatur di dalam Perdirjen tersebut dilaksanakan pada beberapa sektor.

Baca Juga: Mau ajukan keringanan kredit akibat corona, ikuti tata cara berikut

Diantaranya adalah pada angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum, angkutan sungai, danau, dan penyeberangan, terminal penumpang angkutan jalan, unit pelaksana penimbangan kendaraan bermotor, pelabuhan penyeberangan, serta pada pelabuhan sungai dan danau.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×