kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45709,36   15,51   2.24%
  • EMAS908.000 -0,11%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN -0.19%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.21%

Kemendagri punya 1 juta blanko e-ktp, masyarakat diminta tak khawatir


Selasa, 07 Januari 2020 / 17:10 WIB
Kemendagri punya 1 juta blanko e-ktp, masyarakat diminta tak khawatir
ILUSTRASI. Warga menjalani perekaman retina mata saat pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Lhokseumawe, Aceh, Selasa (29/1/2019).

Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri) menyebutkan, pihaknya memiliki stok satu juta keping blangko KTP elektronik. 

Sebab stok yang masih banyak, maka masyarakat yang menjadi korban banjir di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat agar tak segan mengajukan penggantian dokumen kependudukannya yang rusak. 

Baca Juga: Pemerintah diminta buat perencanaan anggaran yang jelas untuk penyediaan blanko e-KTP

"Blangko kami sekarang lebih dari 1 juta keping tersedia di gudang. Jadi bagi masyarakat yang KTP el-nya belum jadi, hilang atau rusak segera menghubungi Dinas Dukcapil setempat dan Dinas Dukcapil yang blangkonya habis untuk segera mengambil ke kantor pusat," ujar Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh di kantornya, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (7/1/2020). 

Zudan juga memastikan, lelang blangko KTP elektronik untuk tahun 2020 sudah selesai. Dengan demikian, tak perlu ada kekhawatiran bagi masyarakat yang ingin mengganti KTP elektroniknya. 

Baca Juga: Kemendagri sebut kebutuhan blangko e-KTP tahun depan sebanyak 27 juta keping

Apalagi untuk penggantian ini, dokumen yang diajukan bisa cepat jadi cukup dengan menyebutkan nama atau nomor induk kependudukan (NIK) atau memindai sidik jari.

"Tidak ada syarat apapun. Tanpa pengantar RT/RW, gratis dan tidak perlu pengantar dari kepolisian," kata dia. (Deti Mega Purnamasari)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemendagri Stok Satu Juta Keping Blangko E-KTP, Masyarakat Diminta Tak Khawatir Kehabisan"

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×