kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kegiatan investasi di Indonesia meningkat 11,73%


Kamis, 12 Juli 2018 / 23:12 WIB
Kegiatan investasi di Indonesia meningkat 11,73%
ILUSTRASI. Stabilisasi Nilai Tukar

Berita Terkait

Reporter: Arsy Ani Sucianingsih | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kegiatan investasi pada triwulan II-2018 tumbuh lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya. Sebagaimana Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) yang dilakukan Bank Indonesia (BI).

Dalam survei BI, Saldo Bersih Tertimbang (SBT) realisasi investasi pada triwulan II-2018 sebesar 11,73%, lebih tinggi dibandingkan 9,55% pada triwulan I-2018.


“Mereka sudah melakukan melakukan penambahan investasi terutama di sini memang sekarang kan lagi banyak yang pertumbuhan,” ujar Kepala Departemen Statistik BI Yati Kurniati, Kamis (12/7).

Berdasarkan sektor lapangan usaha, peningkatan kegiatan investasi pada triwulan II-2018 terindikasi terjadi pada seluruh sektor, terutama sektor jasa-jasa dan keuangan, real estate dan jasa perusahaan, dengan SBT masing-masing sebesar 2,25% dan 2,21%, lebih tinggi dibandingkan SBT 1,18% dan 1,81% ada triwulan I-2018.

Sejalan dengan optimisme kegiatan usaha, pertumbuhan investasi dunia usaha diperkirakan terus meningkat pada triwulan III-2018. Kondisi ini terindikasi dari SBT perkiraan investasi triwulan III-2018 yang meningkat menjadi sebesar 14,79%.

Berdasarkan sektor lapangan usaha, peningkatan kegiatan investasi paling tinggi diperkirakan terjadi pada sektor jasa-jasa (SBT 2,33%).

“Jadi kenapa di sini yang berkaitan dengan sektor jasa-jasa ini yang investasinya tumbuh tinggi nanti juga kelihatan dipakai penggunaan tenaga kerja,” tambahnya.

Meski demikian, perlu dicatat ada beberapa faktor yang dianggap bisa menghambat rencana investasi. Antara lain, terkait perizinan, suku bunga, dan kondisi infrastruktur.



Video Pilihan

TERBARU

×