kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kebutuhan Pembiayaan Korporasi 3 Bulan Mendatang Diprediksi Turun


Selasa, 18 Januari 2022 / 13:49 WIB
Kebutuhan Pembiayaan Korporasi 3 Bulan Mendatang Diprediksi Turun
ILUSTRASI. Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kebutuhan pembiayaan korporasi tiga bulan yang akan datang atau pada Maret 2022 diperkirakan melambat dibandingkan bulan sebelumnya. 

Berdasarkan laporan Bank Indonesia (BI), ini terlihat dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) bulan tersebut yang sebesar 20,2% atau lebih rendah dari SBT 23,8% pada bulan sebelumnya. 

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, perlambatan kebutuhan pembiayaan antara lain disampaikan oleh responden di sektor Industri Pengolahan serta Informasi dan Komunikasi (Infokom). 

“Terutama disebabkan oleh perkiraan masih lemahnya permintaan pada bulan tersebut,” kata Erwin dalam laporan Survei Permintaan dan Penawaran Pembiayaan Perbankan, Selasa (18/1). 

Baca Juga: Kebutuhan Pembiayaan Korporasi Meningkat pada Akhir Tahun 2021

Di sisi lain, terdapat beberapa sektor yang masih mengalami peningkatan kebutuhan pembiayaan, antara lain sektor Transportasi dan Pergudangan, Jasa Kesehatan, Jasa Keuangan, dan Penyedia Makanan Minuman. 

Terutama untuk mendukung aktivitas operasional, mendukung pemulihan permintaan dalam negeri, dan membayar kewajiban jatuh tempo yang tidak bisa di roll over.

Sebanyak 68,1% responden menyampaikan, pemenuhan kebutuhan dana tiga bulan yang akan datang masih dipenuhi dari dana sendiri, dan sebanyak 11,5% responden memenuhinya dari pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik. 

Baca Juga: BI Catat Utang Luar Negeri Indonesia Turun Pada November 2021, Ini Rinciannya

Sedangkan 21,2% responden menyatakan sumber pembiayaan dari penambahan pinjaman ke perbankan dalam negeri dan 16,8% responden mendapat sumber pembiayaan dari penarikan pinjaman/utang dari perusahaan induk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×