kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kebijakan moneter global melonggar, modal asing diramal mengalir deras di 2020


Minggu, 29 September 2019 / 11:56 WIB
Kebijakan moneter global melonggar, modal asing diramal mengalir deras di 2020
ILUSTRASI. Gedung Bank Indonesia


Reporter: Grace Olivia | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - DENPASAR. Perlambatan ekonomi global diproyeksi semakin dalam di tahun depan. Merespon itu, berbagai negara maju maupun berkembang melonggarkan kebijakan moneternya. 

Negara maju seperti Amerika Serikat (AS) dan kawasan Eropa, misalnya, menurunkan kebijakan suku bunga acuannya pada September ini. Diikuti oleh negara berkembang seperti India, Thailand, Filipina, dan Indonesia. 

Baca Juga: Analis: Ancaman demo susulan bisa bikin indeks keok pada transaksi Senin (30/9)

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko mengatakan, pelaku pasar memperkirakan suku bunga acuan AS atau Fed Fund Rate (FFR) akan kembali turun pada akhir 2019 dan 2020. Ini sejalan dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi negeri Paman Sam tersebut, serta tekanan inflasi yang rendah. 

Oleh karena itu, Onny menyebut, potensi aliran modal asing ke Indonesia tetap besar.

“Dengan kondisi saat ini, di mana economic policy uncertainty di AS juga tinggi, aliran modal asing akan masuk ke emerging markets. Meski dengan volatilitas yang sangat tinggi,” tutur Onny dalam acara Pelatihan Wartawan Bank Indonesia, Jumat (27/9). 

Apalagi, Onny mengakui, Indonesia masih memiliki tantangan defisit neraca transaksi berjalan (CAD) yang membuat arus modal asing rentan keluar. Hingga akhir tahun, BI memproyeksi CAD berada pada rentang 2,5%-3% dari PDB. 

Baca Juga: Masih dibayangi aksi unjuk rasa, berikut prediksi pergerakan rupiah pekan depan

Meski memiliki faktor negatif CAD, Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro memandang, kepercayaan investor asing tetap besar pada Indonesia. 

“Sebab, respons kebijakan ekonomi Indonesia selama ini dipandang cukup positif, dibandingkan dengan negara-negara berkembang lain yang salah mengambil kebijakan seperti Argentina atau Turki,” kata Andry, Jumat (27/9). 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×