kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.000,68   7,08   0.71%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Keberhasilan ajang Asian Games berhasil dongkrak PDB Indonesia


Rabu, 17 Oktober 2018 / 06:56 WIB
Keberhasilan ajang Asian Games berhasil dongkrak PDB Indonesia
ILUSTRASI. Kementerian PPN/Bappenas klaim dampak Asian Games 2018


Reporter: Abdul Basith | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ajang perhelatan olahraga terbesar di Asia, Asian Games, sukses terlaksana di Indonesia. Kesuksesan ini turut berdampak pada perekonomian Tanah Air. Terbukti, tingkat Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang ikut terdongkrak.

Bahkan, kontribusi Asian Games dinilai cukup signifikan. "Dampak ekonomi tidak langsung Asian Games 2018 berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi 0,05%," ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) / Kepala Badan Perencanaan (BPN) Bambang Brodjonegoro saat acara Forum Merdeka Barat (FMB) 9, Selasa (16/10).

Sebelumnya, dampak Asain Games telah diperkirakan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun, angka 0,05% dinilai melampaui perkiraan sebelumnya.

Keuntungan ekonomi riil yang didapat dari Asian Games mencapai Rp 8,2 triliun. Selaian itu Asian Games juga dinilai mampu menciptakan lapangan kerja.

Asal tahu saja Asian Games telah dipersiapkan pemerintah Indonesia sejak 2015 lalu. Hingga tahun 2018 lapangan kerja yang tercipta mencapai 108.780 orang.

Hal itu juga meningkatkan upah riil pekerja di Indonesia. "Upah riil akibat Asian Games naik 0,03%," terang Bambang.

Selain ada dampak ekonomi tidak langsung, perhelatan Asian Games juga memberikan dampak ekonomi langsung bagi Indonesia. Dampak ekonomi langsung Asian Games sejak persiapan tahun 2015 hingga tahun 2018 sebesar Rp 40,6 triliun.

Sumbangan terbesar berasal dari sektor investasi infrastruktur. Investasi infrastruktur untuk gelaran Asian Games mencapai Rp 29,1 triliun.

Selain itu operasional Asian Games juga menyumbang dampak ekonomi langsung sebesar Rp 7,8 triliun. Sasaran yang juga diincar pemerintah untuk memberikan dampak ekonomi langsung adalah wisatawan.

"Total pengeluaran wisatawan selama Asian Games mencapai Rp 3,7 triliun," jelas Bambang.

Angka tersebut didapat dari pengeluaran wisatawan domestik sebesar Rp 1,8 triliun dan wisatawan mancanegara (Wisman) mencapai Rp 1,9 triliun.

Pengeluaran wisatawan terbesar pada sektor souvenir. Baik wisatawan domestik maupun Wisman ikut memborong souvenir termasuk boneka tiga maskot Asian Games.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×