kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,71   -11,32   -1.32%
  • EMAS943.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.29%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Kasus melonjak, Kemenkes tunjuk 3 rumah sakit khusus Covid-19


Kamis, 24 Juni 2021 / 19:36 WIB
Kasus melonjak, Kemenkes tunjuk 3 rumah sakit khusus Covid-19
ILUSTRASI. Kasus melonjak, Kemenkes tunjuk 3 rumah sakit khusus Covid-19

Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi melaporkan Total kapasitas ketersediaan dari tempat tidur pada 24 Juni di seluruh rumah sakit Indonesia yang menangani Covid-19 sebanyak 94.420 untuk isolasi maupun perawatan untuk kasus intensif.

Walaupun secara rata-rata nasional angka ketersediaan nasional perawatan sudah mencapai 67% sampai 68 %, di beberapa daerah kota melihat bahwa angka ketersediaan tempat perawatan sudah mencapai angka di atas 80%.

Nadia menyebutkan di Yogyakarta dan Jawa Tengah tempat tidur untuk pasien Covid-19 sudah mencapai 85%, di Banten 75%, Jawa Barat 84%, dan di DKI Jakarta 90%.

Baca Juga: Pasokan alat kesehatan di Mitra Keluarga (MIKA) masih aman

Selain itu, melihat kondisi kapasitas ketersediaan tempat perawatan yang cukup tinggi terutama di daerah Jakarta dan sekitarnya, maka Kemenkes mengambil kebijakan untuk menunjuk tiga rumah sakit yang berada langsung di bawah kewenangan Kemenkes untuk di khususkan sebagai rumah sakit yang khusus untuk melayani kasus Covid-19.

Adapun ketiga rumah sakit ini adalah Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, RSUP Persahabatan, dan Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso.

“Diharapkan dengan mengonversi ketiga rumah sakit ini menjadi rumah sakit yang memberikan pelayanan full untuk kasus Covid-19, dapat membantu menambah ketersediaan untuk menambah perawatan,” ujar Nadia dalam konperensi pers, Kamis (24/6). 

Selanjutnya: Kiat Sukses Di Berbagai Hal dari Warren Buffett, Sang Peramal dari Omaha

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Excel Master Class: Data Analysis & Visualisation Supply Chain Planner Development Program

[X]
×