kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus kematian mingguan Covid-19 naik 29,2%, Satgas: Jawa Tengah kontribusi tertinggi


Selasa, 27 April 2021 / 16:38 WIB
Kasus kematian mingguan Covid-19 naik 29,2%, Satgas: Jawa Tengah kontribusi tertinggi
ILUSTRASI. Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah kasus meninggal akibat virus corona (Covid-19) di Indonesia pada pekan yang berakhir 25 April 2021 naik 29,21%. Kenaikan kasus kematian ini dikontribusikan oleh beberapa provinsi. 

Berdasarkan data Satgas Covid-19, Jawa Tengah  menjadi wilayah dengan kenaikan kasus kematian tertinggi di pekan lalu. Pada periode 19-25 April itu, kasus kematian di Provinsi Jawa Tengah bertambah 178. 

Disusul, Provinsi Sumatra Selatan yang naik 25 kematian dan DKI Jakarta yang bertambah 20 kasus kematian. Berikutnya ada Jawa Barat yang naik 18 kematian serta Aceh naik 15 kematian akibat Covid-19 di pekan lalu. 

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menyayangkan, kasus kematian yang meningkat minggu lalu. 

"Saya ingin mengingatkan kepada seluruh provinsi ini khususnya Jawa Tengah yang di minggu lalu mengalami kenaikan kematian yang cukup signifikan. Mohon untuk segera mengevaluasi penanganan Covid-19 di daerahnya," jelas dia saat Teleconference di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (27/4).

Baca Juga: Satgas Covid-19 menyayangkan kerumunan yang dilakukan pendukung tim sepak bola

Dia juga menghimbau untuk wilayah yang mengalami kenaikan kematian tinggi untuk segera mengidentifikasi kabupaten/kota yang menyumbangkan kematian terbesar.

Selain itu, provinsi tersebut juga perlu melakukan perbaikan pada penanganan pasien positif Covid-19, terutama pada gejala sedang dan berat. Testing dan tracing juga diimbau untuk ditingkatkan guna mengantisipasi penularan sejak dini.

"Saya juga ingin menyampaikan pada seluruh provinsi bahwa tidak ada toleransi pada kenaikan kematian, mengingat apalagi saat ini BOR tidak menunjukkan kenaikan dan angka kasus aktif secara nasional juga menurun. Setelah belajar menghadapi pandemi ini selama 1 tahun seharusnya angka kematian dapat betul-betul dicegah," tegas Wiku.

Adapun untuk kasus kesembuhan di level nasional minggu lalu tercatat naik 0,9%. Angka kesembuhan tertinggi ada di Jawa Barat yang naik 2.386 kesembuhan. 

Selanjutnya, Bangka Belitung naik 622 kesembuhan, Riau naik 351 kesembuhan, Kepulauan Riau naik 239 dan Kalimantan Utara naik 208 kesembuhan.

Untuk kasus aktif mingguan di level nasional terjadi penurunan kasus sebesar 1,4% dibandingkan minggu sebelumnya. Meski penurunan kasus aktif cenderung kecil, Wiku mengapresiasi capaian tersebut, mengingat pada minggu lalu terjadi penambahan kasus aktif 14%.

"Meskipun ini angka yang kecil atau penurunannya hanya sedikit namun hal ini tetap merupakan perkembangan ke arah yang lebih baik," ujarnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×