kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45681,39   9,25   1.38%
  • EMAS917.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Kartu prakerja akan resmi meluncur Jumat pekan ini


Rabu, 18 Maret 2020 / 18:00 WIB
Kartu prakerja akan resmi meluncur Jumat pekan ini
ILUSTRASI. Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian Susiwijono

Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memastikan program kartu prakerja akan diluncurkan dalam minggu ini, dan paling lambat pada Jumat (20/3).

"Dari arahan Presiden (Joko Widodo). Nanti akan di-launching di Graha Sawala," jelas Sekretaris Menko Bidang Perekonomian Susiwijono di Jakarta, Rabu (18/3).

Payung hukum kartu prakerja ini adalah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 36 tahun 2020 tentang Dasar untuk Pelaksanaan Program Kartu Prakerja.

Baca Juga: Kemenko perekonomian targetkan kartu prakerja diluncurkan akhir minggu ini

Melanjutkan peraturan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pun sudah menerbitkan Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor 1 tahun 2020 tentang Kartu Prakerja. Dalam keputusan menteri tersebut juga telah ditetapkan jajaran manajemen pelaksanaan.

"Nanti ada satu direktur eksekutif dan lima direktur yang membantu direktur eksekutif dalam pelaksanaan kartu prakerja," tambah Susiwijono.

Denni Puspa Purbasari diberi kepercayaan menjadi Direktur Eksekutif dalam jajaran manajemen pelaksana kartu prakerja ini.

Menurut Denni, meski kartu prakerja belum diluncurkan, tetapi mereka telah berkoordinasi bahkan dari jauh hari. Pasalnya, program ini bekerjasama dengan banyak mitra, seperti digital platform, mitra lembaga pelatihan, serta mitra bidang pembayaran. Pembahasannya pun sudah dilakukan secara intensif.

Denni berharap program ini nantinya mampu membantu para pencari kerja untuk meningkatkan kompetensinya. Bahkan, tak hanya para pencari kerja yang baru saja lulus dari pendidikan, tetapi juga karyawan, buruh, maupun para korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Jadi saya tegaskan ini bukan menggaji pengangguran. Bahkan, ini memudahkan masyarakat untuk mencari lembaga pelatihan mana, jenis pelatihan apa yang diinginkan, dan kami percaya masyarakat mengerti apa yang mereka butuhkan," tambah Denni.

Selanjutnya, dalam menjalankan tugasnya, Denni dibantu oleh lima direktur eksekutif yang memegang bidang masing-masing. Seperti di antaranya Direktur Kemitraan, Direktur Teknologi, Direktur Hukum Umum dan Keuangan, serta Direktur Pemantauan dan Evaluasi.

Baca Juga: Jokowi ingin kartu prakerja diimplementasikan pekan ini

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×