kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi panglima tertinggi penanganan pandemi, Luhut: Saya komando lapangan


Selasa, 10 Agustus 2021 / 12:23 WIB
Jokowi panglima tertinggi penanganan pandemi, Luhut: Saya komando lapangan
ILUSTRASI. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memaparkan perkembangan PPKM level 4, Senin (9/8/2021) .


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap menjadi panglima tertinggi dalam penanganan pandemi Covid-19.

Ia dan Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto bekerja atas perintah presiden. "Presiden yang menjadi panglima paling tinggi dalam penanganan ini, sedangkan Menko Perekonomian dan saya sebagai komando-komando wilayah atau komando lapangan seperti organisasi di militer juga," kata Luhut dalam konferensi pers, Senin (9/8/2021).

Penanganan pandemi di Tanah Air dilakukan melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). PPKM dibagi menjadi wilayah Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali.

Luhut sendiri diberi tugas sebagai koordinator PPKM Jawa-Bali. Sementara itu, PPKM luar Jawa-Bali dipimpin oleh Menko Airlangga.

Menurut Luhut, strategi tersebut sudah tepat karena presiden tetap menjadi pemimpin tertinggi. "Tidak mungkin satu komando untuk semua itu, karena itu melihat luas rentan kendalinya," ujar dia. 

Baca Juga: PPKM diperpanjang sampai 16 dan 23 Agustus, ini kelonggaran yang mulai diberlakukan

Luhut mengatakan, penanganan di luar Jawa-Bali tidak bisa serta-merta dibandingkan dengan pengendalian di Jawa-Bali. Sebab, kata dia, tantangan di luar Jawa-Bali lebih besar dari tantangan di dalam Jawa-Bali.

Misalnya saja terkait dukungan infrastruktur kesehatan. "Pemerintah akan terus bekerja keras untuk mengendalikan pandemi di seluruh Indonesia," kata Luhut.

PPKM Level 4 di Pulau Jawa-Bali berlaku di 71 kabupaten/kota. Sementara, di luar Jawa-Bali diterapkan di 45 daerah. PPKM Level 4 di Jawa-Bali berlaku selama satu minggu atau 10-16 Agustus 2021.

Sementara, di luar Jawa-Bali PPKM Level 4 berlaku selama dua minggu yakni 10-23 Agustus 2021. (Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut: Presiden Panglima Tertinggi Penanganan Pandemi, Saya Komando Lapangan",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×