kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi instruksikan penampungan pasien visus corona Pulau Galang kelar delapan hari


Jumat, 20 Maret 2020 / 16:54 WIB
Jokowi instruksikan penampungan pasien visus corona Pulau Galang kelar delapan hari
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020). Presiden Joko Widodo meminta kepada kepala pemerintah daerah untuk berkomunikasi kepada pemerintah pusat seperti Satgas COVID-19 dan Kementeri


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID -  Presiden Joko Widodo memerintahkan agar pembangunan fasilitas "rumah sakit" darurat di Pulau Galang Kepulauan Riau segera kelar pekan depan.

Artinya dalam delapan hari ke depan presiden meminta tempat itu siap digunakan.

"Saya menargetkan, pembangunan fasilitas ini selesai 28 Maret 2020,"kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui akun resmi instagramnya Jumat (20/3).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pemerintah melalui Kementerian PUPR tengah mempercepat pembangunan fasilitas observasi, penampungan, dan karantina untuk pengendalian infeksi penyakit menular, terutama Covid-19 di Pulau Galang. Lokasinya di bekas penampungan pengungsi Vietnam, sekitar 56 kilometer dari Kota Batam. Fasilitas di atas areal seluas 20 hektare ini terdiri atas Zona A yang meliputi gedung penunjang seperti mess petugas, dokter dan perawat, gedung sterilisasi, gedung farmasi, gedung gizi, laundry, gudang dan power house. Zona B yang terdiri atas fasilitas penampungan dan pendukung seperti ruang isolasi, ruang observasi, laboratorium, ruang sterilisasi, GWT, Central Gas Medik, instalasi jenazah, landasan helikopter, dan zona utilitas. Terakhir Zona C disiapkan untuk tahap berikutnya bila dibutuhkan, memanfaatkan cadangan lahan. Kebutuhan air bersih untuk fasilitas bersumber dari Waduk Monggak Rempang. Jaringan pipa transmisi air baku sepanjang 13,8 kilometer dari waduk telah terpasang. Saya menargetkan, pembangunan fasilitas ini selesai 28 Maret 2020.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Menurut Presiden Joko Widodo, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Uumum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  tengah mempercepat pembangunan fasilitas kesehatan di Pulau Galang.

Tempat ini akan dipergunakan untuk observasi, penampungan, dan karantina pasien untuk pengendalian infeksi penyakit menular, terutama virus corona Covid-19. Sebagai gambaran Pulau Galang merupakan lokasi bekas penampungan pengungsi Vietnam, sekitar 56 kilometer dari Kota Batam.

Baca Juga: Sebanyak 369 pasien di 17 provinsi positif virus corona Covid-19, ini penyebaranya

Fasilitas di atas areal seluas 20 hektare ini terdiri dari tiga zona.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×