kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,66   8,93   1.01%
  • EMAS1.363.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

JK cawapres ideal untuk Jokowi, bukan Samad


Sabtu, 10 Mei 2014 / 09:46 WIB
JK cawapres ideal untuk Jokowi, bukan Samad
ILUSTRASI. Ini Cara Menggunakan QRIS BRI via Aplikasi BRImo bagi Pemula./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/15/12/2022.


Sumber: Kompas.com | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo (Jokowi) terus membeberkan petunjuk mengenai figur yang akan menjadi bakal calon wakil presidennya. Dari serpihan petunjuk yang dikumpulkan, pilihan mengerucut pada dua figur, yakni Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pengerucutan itu didasarkan pada gerak tubuh dan jawaban Jokowi saat ditanya mengenai figur bakal cawapres dan waktu pengumumannya. Ia mengatakan figurnya berasal dari luar Pulau Jawa. Ini memberi sinyal kuat kepada dua tokoh asal Makassar, yakni Abraham dan Kalla.

Pengamat politik dari Charta Politika Yunarto Wijaya menilai, Abraham Samad bukanlah figur yang tepat untuk mendampingi Jokowi di Pemilu Presiden 2014. Pasalnya, sosok Abraham dianggap tak mampu memberi dampak elektoral karena tak memiliki kelebihan yang dapat menutup kekurangan Jokowi.

"Apakah Samad dapat mendongkrak elektoral Jokowi, saya rasa tidak," kata Yunarto, saat dihubungi, Jumat (9/5) malam.

Yunarto menjelaskan, ketokohan Abraham memang unggul karena berasal dari kalangan muda, berintegritas, dan tak memiliki beban masalah masa lalu. Akan tetapi, semua keunggulan yang dimiliki oleh Ketua KPK itu telah dimiliki oleh Jokowi.

"Artinya sederhana, semua yang suka Samad pasti suka Jokowi, yang suka Jokowi belum tentu suka Samad," ujarnya.

Dengan demikian, lanjutnya, figur paling tepat untuk mendampingi Jokowi adalah Kalla. Walau secara usia jauh lebih tua dari Gubernur DKI Jakarta tersebut, tapi Kalla memiliki kemampuan yang dapat menutup kekurangan Jokowi.

Selain pernah merasakan memerintah dari kursi RI 2, Kalla juga memiliki latar belakang politisi dan menguasai permasalahan ekonomi. Secara elektoral, figur Kalla akan memberikan keuntungan secara elektoral untuk Jokowi seandainya jadi berpasangan di pilpres nanti.

"Jusuf Kalla adalah pilihan paling realistis," ujarnya. (Indra Akuntono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×