kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Ramadan, Pertumbuhan Penjualan Eceran Maret 2022 Terindikasi Meningkat


Senin, 11 April 2022 / 12:39 WIB
Jelang Ramadan, Pertumbuhan Penjualan Eceran Maret 2022 Terindikasi Meningkat
ILUSTRASI. Petugas mengisi bahan bakar minyak jenis Pertamax Turbo di SPBU Pertamina, Kuningan, J


Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja penjualan eceran pada Maret 2022 diperkirakan meningkat. Ini terlihat dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Maret 2022 yang sebesar 204,0 atau lebih tinggi dari IPR Februari 2022 yang sebesar 200,0.

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, penjualan eceran tersebut tumbuh 2,0% mom, setelah pada Februari 2022 sempat turun 4,5% mom.

“Peningkatan tersebut dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan masyarakat, sejalan pelonggaran PPKM, kasus Covid-19 yang melandai, serta dimulainya persiapan bulan Ramadan,” tulis Erwin dalam laporan Survei Penjualan Eceran, Senin (11/4).

Menurut laporan tersebut, peningkatan terjadi pada sebagian besar kelompok, terutama kelompok Sandang yang tumbuh 3,0% mom, Suku Cadang dan Aksesori yang tumbuh 2,3% mom, Barang Budaya dan Rekreasi yang tumbuh 2,6% mom, serta Makanan, Minuman, dan Tembakau yang tumbuh 2,2% mom.

Baca Juga: Permintaan Masyarakat Menurun, Penjualan Eceran Februari 2022 Tergerus

Sementara itu, ada kelompok yang mengalami penurunan, seperti Kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi yang tercatat turun 0,6% mom. Meski begitu, penurunan ini membaik dari penurunan pada bulan sebelumnya yang sempat mencapai 3,8% mom.

Lebih lanjut, bila dibandingkan dengan Maret 2021, penjualan eceran Maret tahun ini nampak tumbuh 8,6% yoy. Sayangnya, ini lebih rendah dari pertumbuhan pada Februari 2022 yang mencapai 12,9% yoy.

“Sebagian besar kelompok pada periode tersebut mencatatkan pertumbuhan, meski melambat dan/atau perbaikan kinerja penjualan eceran meski terbatas,” tutur Erwin.

Kelompok yang tercatat tetap tumbuh tinggi antara lain Bahan Bakar Kendaraan Bermotor yang tumbuh 45,4% yoy serta kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau yang tumbuh 15,4% yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×