kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jaga Ketahanan Pangan, Pemerintah Dukung Pengembangan Komoditas Unggulan Daerah


Minggu, 12 Juni 2022 / 09:49 WIB
Jaga Ketahanan Pangan, Pemerintah Dukung Pengembangan Komoditas Unggulan Daerah
ILUSTRASI. Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso dalam konferensi pers tentang kartu prakerja, Senin (13/7). Jaga Ketahanan Pangan, Pemerintah Terus Dukung Pengembangan Komoditas Unggulan Daerah


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menyampaikan bahwa pemerintah senantiasa mendorong pengembangan produk komoditas pertanian lokal yang mempunyai potensi ekonomi tinggi.

Selain untuk menggerakkan perekonomian rakyat, upaya tersebut juga dapat menjadi solusi terhadap salah satu isu krisis global saat yakni mengenai ketahanan pangan.

Hal tersebut disampaikan Sesmenko Susiwijono dalam kunjungan ke Kota Madiun saat mengikuti panen buah Golden Melon bersama dengan Gubernur Jawa Timur dan Walikota Madiun.

“Pemerintah sangat mendukung upaya pengembangan komoditas unggulan daerah berupa tanaman hortikultura maupun tanaman porang. Karena selain menggerakkan perekonomian rakyat, produk olahan porang tersebut juga dapat menjadi alternatif pangan bagi rakyat serta mendukung ketahanan pangan yang menjadi salah satu isu global saat ini,” ujar Susiwijo dalam keterangan resminya, Minggu (12/6).

Baca Juga: Meski Anggaran Naik, Ekonom: Program KUR Belum Berkontribusi pada Ekonomi Nasional

Sebagai informasi, panen buah golden melon yang merupakan salah satu komoditas unggulan termasuk dalam rangkaian kegiatan Ulang Tahun Hari Jadi Ke-104 Kota Madiun. Buah melon yang dapat dipanen 3 kali dalam setahun juga menjadi sandaran ekonomi rakyat di daerah sekitar Kota Madiun.

Berdasarkan data yang dilansir dari Badan Pusat Statistik, Provinsi Jawa Timur merupakan penghasil buah melon terbesar di Indonesia dengan produksi pada tahun 2021 tercatat mencapai 68.527 ton.

Selain melakukan kegiatan panen melon, Pemerintah Kota Madiun juga memperkenalkan produk olahan dari tanaman porang yang dapat menjadi alternatif pangan bagi rakyat.

Dalam rangkaian ulang tahun Kota Madiun, disajikan berbagai produk olahan dari tanaman porang diantaranya dalam bentuk nasi porang, pecel porang, hingga dawet porang.

Baca Juga: Anggaran Subsidi Bunga KUR Melonjak 1000% Jadi Rp 8,3 Triliun di Sepanjang 2022




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×