kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,55   -16,97   -1.81%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics pada 2022


Kamis, 11 Agustus 2022 / 12:37 WIB
Ini Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics pada 2022
ILUSTRASI. Sejumlah mahasiswa mengikuti upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019). Ini Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics pada 2022.


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Universitas Indonesia (UI) kembali menempati posisi teratas sebagai perguruan tinggi terbaik Indonesia versi Webometrics edisi Juli 2022. 

Pencapaian ini diraih berkat keberhasilan UI memenuhi persyaratan penilaian Webometrics berdasarkan 3 indikator, yaitu visibility atau web contents impact, transparency atau openness, dan excellence atau scholar.

Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia menyampaikan, ada edisi kali ini, posisi UI berada di peringkat 603 dunia, naik 46 peringkat dari Webometrics edisi Januari 2022 di posisi 649 dunia. 

Untuk Asia Tenggara, pada Webometric Juli 2022 ini, UI menempati peringkat ke-10, dan berada di peringkat pertama perguruan tinggi terbaik Indonesia. 

"Sejak 2020, peringkat UI di Webometric terus meningkat. Pada Juli 2020 dan Juli 2021, secara overall rank UI menempati peringkat 694 dan 729," ucap dia melansir laman UI, Kamis (11/8/2022). 

Baca Juga: Pilihan Kuliah Tahun Ini, Cek Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi SIR 2022

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan yang dilakukan berbasis website terhadap perguruan tinggi se-dunia. 

Webometrics melakukan penilaian berdasarkan aspek kehadiran dan visibilitas web sebagai indikator kinerja global sebuah universitas. 

Indikator-indikator tersebut memperhitungkan komitmen dalam mengajar, berbagai hasil penelitian, the perceived international prestige, hubungan dengan komunitas termasuk sektor industri dan ekonomi dari universitas. 

Webometrics menerbitkan ranking web dari universitas di dunia setiap enam bulan sekali, yakni pada edisi Januari dan Juli. 

Dari 3 indikator tersebut, pada indikator impact rank, UI naik 36 peringkat menjadi 323 di dunia. 

Pada indikator excellence rank, UI naik 50 peringkat, berada di posisi 1.127 dunia. Kemudian, pada indikator openness rank, posisi UI saat ini berada di peringkat 780 dunia. 

Indikator visibility atau web contents impact (dengan bobot 50 persen) menilai jumlah jaringan eksternal (subnets) yang terhubung ke halaman web institusi (dinormalisasi dan kemudian dipilih nilai maksimum). 

Baca Juga: Pemerintah Berupaya Wujudkan Pendidikan Tinggi Kelas Dunia Lewat Dana Abadi

Sementara indikator transparency atau openness (dengan bobot 10 persen) merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas yang bersumber dari Google Scholar Profiles. 

Kemudian indikator excellence atau scholar (dengan bobot 40%) merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah di antara 10 persen teratas yang paling banyak dikutip dari 27 disiplin ilmu dengan sumber dari Scimago. 

Sejak 2004, Pemeringkatan Webometrics dilakukan oleh Cybermetric Lab yang merupakan kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol. 

Webometrics melakukan pemeringkatan terhadap 31.000 Institusi Pendidikan Tinggi di dunia, dari lebih 200 negara. 

Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi website, mendukung inisiatif open access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah, dan materi akademik lainnya. 

Pengumuman Webometrics Ranking of World Universities dapat diakses pada laman: www.webometrics.info. 

Selain UI, ada Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Brawijaya (UB) yang berada di posisi teratas sebagai perguruan tinggi terbaik Indonesia versi Webometrics Juli 2022.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "UI Jadi Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2022",
Penulis : Dian Ihsan
Editor : Dian Ihsan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×