kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,63   -7,86   -0.85%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini makna kelengkapan baju adat Sasak yang dikenakan Jokowi saat pidato kenegaraan


Sabtu, 17 Agustus 2019 / 19:47 WIB
Ini makna kelengkapan baju adat Sasak yang dikenakan Jokowi saat pidato kenegaraan
ILUSTRASI. Jokowi pidato di sidang bersama DPD-DPR RI


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Sasak khas Nusa Tenggara Barat saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR, Jumat (16/8). 

Pakaian adat Sasak yang dikenakan Jokowi berwarna coklat dengan bawahan kombinasi hitam, emas, dan oranye. Keris tampak terpasang di bagian depan pakaian. Apa maknanya? 

Baca Juga: Politisi PDI-P ini nilai Jokowi sindir KPK lewat pidato kenegaraan

Datu Siledendeng Lombok H Lalu Muh Putria menjelaskan, yang pertama harus dipatuhi dalam ajaran Sasak adalah tata busana. "Jadi tata busana yang dipakai Pak Jokowi itu adalah busana seorang pemimpin atau dalam bahasa Lombok disebut Datu atau Raja," kata Patria saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (17/8). 

"Kelengkapan busana adat Sasak yang digunakan Presiden Jokowi sebagai Pemban Prabu Suriya Alam," lanjut dia. 

Dewan Majelis Agung Raja Sultan Indonesia ini mengatakan, mahkota yang dipakai oleh Jokowi disebut "asapuk". Sementara itu, bawahan songket yang dikenakan Jokowi bermotif Subahnale. 

Baca Juga: Gerindra sudah siapkan tiga nama calon wakil ketua DPR

Patria mengatakan, proses pembuatan songket Subahnale sangat rumit dan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan motif lainnya. 

"Leang Songket Subahnale motif songket sasak yang paling sempurna dan digunakan para bangsawan. Sasak Lombok Adan pada zaman dahulu dipakai oleh Datu atau Raja," ujar Ketua 1 Forum Silaturrahmi Keraton Nusantara ini. 

Adapun, mengenai keris yang disematkan pada bagian depan, juga bukan tanpa makna. Patria menjelaskan, pemasangan keris sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu di depan, di samping (kanan atau kiri), dan bagian belakang. 

Baca Juga: Ketua Pansel KPK: Makin banyak OTT, kita gagal dalam mencegah korupsi

"Penggunaannya (posisi pemasangan keris) tergantung waktu dan tempat. Kalau Pak Jokowi sebagai pemimpin besar kita disebut Prabu Suriya Alam. Jadi pemimpin yang tertinggi di suatu negara," papar dia. (Mela Arnani)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Makna Kelengkapan Baju Adat Sasak yang Dikenakan Jokowi Saat Pidato Kenegaraan..."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×