kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Ini keuntungan dari imbal dagang bagi pengusaha


Kamis, 29 Juli 2021 / 17:40 WIB
Ini keuntungan dari imbal dagang bagi pengusaha
ILUSTRASI. Suasana aktivitas bongkar muat peti kemas di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (22/7/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) sebut imbal dagang dapat memberi keuntungan bagi pengusaha. Skema dagang tersebut memberi kemudahan bagi importir yang dapat meningkatkan nilai tambah. Imbal dagang memberi peluang importir yang tidak memiliki uang.

"Imbal dagang bisa menguntungkan dimana importir tidak memiliki dana tapi punya barang yang kita butuhkan dan bisa dikonsumsi dalam negeri atau kita jual ke negara ketiga yang punya dana," ujar Ketua Umum GPEI Benny Soetrisno saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (29/7).

Sebagai informasi, saat ini pemerintah tengah mendorong penerapan imbal dagang dengan sejumlah negara. Targetnya tahun ini imbal dagang dapat berjalan dengan 3 hingga 4 negara.

Baca Juga: Indonesia kejar imbal dagang dengan Mexico, Rusia, dan Jerman

Salah satunya adalah Meksiko yang telah menandatangani nota kesepahaman (MoU). Selain Meksiko, imbal dagang juga akan ditargetkan dengan Jerman dan Rusia.

Imbal dagang akan dijalankan dengan skema antar pelaku usaha atau business to business. Badan pelaksana imbal dagang Indonesia akan dilakukan oleh PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) yang melakukan MoU dengan Meksiko.

"Dengan Meksiko, sekarang dalam tahap pemetaan produk-produk yang akan diimpor atau pun diekspor" terang Direktur Komersial dan Pengembangan PPI, Andry Tanudjaja dalam acara sosialisasi imbal dagang B2B.

Andry bilang nantinya PPI selaku badan pelaksana akan mendaftarkan komoditas tersebut untuk diimbaldagangkan. Sementara untuk impor, PPI juga akan mensosialisasikan komoditas yang ditawarkan negara lain.

Kementerian Perdagangan berharap imbal dagang dapat meningkatkan ekspor Indonesia. Selain itu, imbal dagang juga disebut dapat menghemat devisa negara.

Selanjutnya: Ekonom Bank Mandiri ramal kontribusi ekspor pada PDB akan naik pada semester II

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

[X]
×