kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,49   -8,95   -0.95%
  • EMAS1.027.000 -0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Ini Dia 3 Tahap Implementasi Rupiah Digital


Minggu, 04 Desember 2022 / 16:03 WIB
Ini Dia 3 Tahap Implementasi Rupiah Digital
ILUSTRASI. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2022 di Jakarta Convention Center, Rabu (30/11/2022).


Reporter: Bidara Pink | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asa Bank Indonesia (BI) untuk mengimplementasikan central bank digital currency (CBDC) atau rupiah digital makin dekat untuk tercapai.  Pada Rabu (30/11) lalu, Gubernur BI Perry Warjiyo telah meluncurkan white paper rupiah digital yang dinamakan Proyek Garuda. White paper ini, salah satunya memuat tentang peta jalan yang akan ditempuh oleh BI. 

Dalam dokumen yang diterima Kontan.co.id, Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan rupiah digital akan diimplementasikan melalui tiga tahap. Dengan tahap awal adalah wholesale CBDC (w-CBDC) atau w-Digital Rupiah. 

W-Digital Rupiah hanya dapat digunakan secara terbatas oleh pihak-pihak yang ditunjuk oleh BI, seperti perbankan maupun institusi keuangan lainnya. Ini layaknya rekening giro pihak ketiga di BI. 

“Untuk memperoleh w-Digital Rupiah, pihak-pihak tersebut perlu mengonversi rekening giro di BI,” jelas Perry dalam dokumen white paper tersebut. 

Baca Juga: Bos BI Bagikan 3 Pesan untuk Hadapi Tantangan Global

Dengan demikian, penerbitan w-Digital Rupiah secara inheren hanya akan mengubah komposisi kewajiban moneter BI tanpa mengubah ukuran neraca BI. Ini layaknya uang kartal fisik dan rekening giro. 

W-Digital Rupiah ini awalnya digunakan untuk penerbitan, pemusnahan, dan transfer antarbank. 

Kedua, perluasan W-Digital Rupiah dengan tujuan yang mendukung operasi moneter dan pengembangan pasar keuangan. 

Ketiga, pengembangan interaksi w-Digital Rupiah dengan retail CBDC (r-CBDC) atau r-Digital Rupiah. Dalam tahap ini, R-Digital Rupiah sudah bisa digunakan masyarakat luas layaknya uang kertas dan uang logam. 

Masyarakat bisa memperoleh r-Digital Rupiah dengan menukar uang kertas dan uang logam, rekening giro atau tabungan di perbankan, atau saldo uang elektronik dengan r-Digital Rupiah lewat perantara yang ditunjuk BI. 

Perantara yang ditunjuk adalah para wholesaler. Mekanisme ini kurang lebih serupa dengan mekanisme yang berlaku pada uang kertas dan uang logam saat ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×