kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45960,42   1,47   0.15%
  • EMAS1.033.000 0,49%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Bos BI Bagikan 3 Pesan untuk Hadapi Tantangan Global


Minggu, 04 Desember 2022 / 14:53 WIB
Bos BI Bagikan 3 Pesan untuk Hadapi Tantangan Global
ILUSTRASI. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyampaikan arah kebijakan BI tahun 2023 dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (30/11/2022). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/YU


Reporter: Bidara Pink | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) membagikan hal penting, yang bisa dijadikan bekal bagi Indonesia dalam menghadapi ketidakpastian 2023.  Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan, setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan Indonesia, agar perekonomian dalam negeri tetap berdaya di tengah gejolak global. 

Pertama, Indonesia harus waspada, tetapi tetap optimistis dalam menjalankan roda perekonomian tahun depan. Apalagi, tantangan global masih begitu kuat. 

“Waspada bahwa dunia sedang bergejolak karena perang Rusia dan Ukraina, risiko resesi, kenaikan suku bunga, penguatan dolar, hingga cash is the king,” terang Perry dalam Siniar Prospek Perekonomian dan Arah Bauran Kebijakan BI 2023, Jumat (2/12). 

Sedangkan terkait optimisme, jangan sampai ketidakpastian global membuat Indonesia berkecil hati. 

Baca Juga: Komitmen Erick Thohir Menyokong UMKM di Jawa Barat Dinilai Bisa Redam Dampak Resesi

Kedua, optimisme harus dilandaskan dengan sinergi dan inovasi kebijakan baik dari pemerintah maupun dari BI.

Bauran kebijakan ini bisa berkaitan dengan pengembangan infrastruktur fisik dan digital, termasuk hilirisasi, investasi, juga pengembangan SDM. Sedangkan sebagai otoritas moneter, BI memberikan bauran kebijakan untuk pro pertumbuhan dan pro stabilisasi. 

Ketiga, ketahanan dan kebangkitan. Berbagai bauran kebijakan yang diberikan BI dan pemerintah diharapkan mampu membuat perekonomian bertahan, untuk kemudian bangkit. 

Dengan ini, Perry berharap pertumbuhan ekonomi mampu berdaya di kisaran 4,5% hingga 5,3% secara tahunan dan inflasi akan kembali ke sasaran, yaitu 3% plus minus 1%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×