kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ini daftar Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2019


Selasa, 15 Oktober 2019 / 11:20 WIB
Ini daftar Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2019
ILUSTRASI. Vice President of Indonesia Muhammad Jusuf Kalla addresses the 74th session of the United Nations General Assembly at U.N. headquarters in New York, U.S., September 27, 2019. REUTERS/Brendan Mcdermid

Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hari ini, Selasa (15/10), Wakil Presiden RI Jusuf Kalla akan menyerahkan penghargaan kepada 45 inovasi terbaik yang telah mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2019. Penghargaan diberikan di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

Pada acara tersebut, Wapres JK didampingi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin.

Penyerahan itu akan diberikan Wapres JK kepada para kepala lembaga atau kepala daerah. Direncanakan, seluruh pimpinan instansi hadir dalam acara bergengsi ini.

Baca Juga: Asyik, LinkAja bakal bisa dipakai untuk pembayaran tiket KRL Commuter Line

Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa menerangkan, Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019 ini terdiri dari 8 kementerian dengan 9 inovasi, 4 lembaga sebanyak 4 inovasi, 5 provinsi dengan 5 inovasi, 16 kabupaten dengan 17 inovasi, 9 kota sebanyak 9 inovasi, dan 1 BUMN dengan 1 inovasi.

“Kompetisi ini adalah simbol kuatnya upaya pemerintah untuk menghadirkan kualitas pelayanan publik yang menjawab harapan masyarakat,” jelas Diah dalam keterangannya.

KIPP merupakan perwujudan gerakan One Agency One Innovation yang digalakkan Kementerian PANRB. Kompetisi yang bisa diikuti oleh seluruh instansi pemerintah ini diselenggarakan sebagai pembinaan inovasi pelayanan publik dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.

Baca Juga: Korlantas Polri resmi luncurkan smart SIM, bagaimana mendapatkannya?

Tujuannya adalah pemberdayaan, pembelajaran, dan pengembangan untuk menyebarluaskan ide kreatif, gagasan, dan terobosan pelayanan publik di Indonesia guna percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Proses kompetisi ini dimulai dari pendaftaran proposal inovasi melalui http://sinovik.menpan.go.id. Tahun ini terekam sebanyak 3.156 proposal yang mendaftar, dan menunjukkan peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang hanya 2.824 proposal. Dari hasil desk evaluation, diperoleh Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019.

Setelah tahap Top 99, dilakukan evaluasi lapangan oleh tim evaluator dan tim panel independen. Dari hasil penilaian lapangan, ditentukan 45 inovasi terbaik yang ditetapkan dengan Keputusan Menteri PANRB No. 18/2019 tentang Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019.

Baca Juga: Ada 1.051 kandidat siap memperebutkan anugerah ASN

Instansi yang berpartisipasi pada KIPP 2019 juga berkesempatan mengikuti kompetisi tingkat dunia yaitu The United Nations Public Service Awards (UNPSA) yang diselenggarakan PBB.



Video Pilihan

TERBARU

×