kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini cerita di balik pembuatan uang pecahan Rp 75.000 edisi khusus kemerdekaan


Rabu, 19 Agustus 2020 / 06:53 WIB
Ini cerita di balik pembuatan uang pecahan Rp 75.000 edisi khusus kemerdekaan
ILUSTRASI. Ini cerita di balik pembuatan uang pecahan Rp 75.000 edisi khusus kemerdekaan


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pemerintah dan Bank Indonesia meresmikan pengeluaran dan pengedaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK 75 Tahun RI) berbentuk uang kertas pecahan Rp 75.000. Uang edisi khusus yang dikeluarkan bertepatan dengan HUT ke–75 Kemerdekaan RI tersebut ternyata punya cerita tersendiri bagi sejumlah pihak yang terlibat dalam pembuatannya.

Terutama dari orang tua yang wajah anaknya tercetak di uang pecahan Rp 75.000 edisi khusus kemerdekaan. Seperti diketahui, ada wajah sembilan anak menggunakan pakaian adat nusantara yang tercetak di uang pecahan Rp 75.000 edisi khusus kemerdekaan.

Salah satu anak tersebut adalah Ananda Saubaki (7). Ananda kini duduk di kelas 2 SD Negeri Naikoten 1, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Anak berusia tujuh tahun itu merupakan anak ketiga dari pasangan suami istri, Moris Saubaki dan Telly Saubaki Saudila, warga Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang.

Baca juga: Situasi Korea Utara makin sulit, Kim Jong Un akan kumpulkan elit Partai Buruh 

Telly Saubaki Saudila tak pernah menyangka wajah anaknya akan tercetak di uang resmi Indonesia. Telly, bangga dengan pencapaian tersebut. Telly pun menceritakan awal mula wajah anaknya tercetak di pecahan uang edisi khusus itu.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTT, kata dia, meminta foto anaknya pada awal 2019. Foto itu kemudian dikirim ke Bank Indonesia di Jakarta untuk diseleksi. Tak disangka, Ananda terpilih mewakili Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTT dalam seleksi itu.

Pada 7 Agustus 2019, perwakilan Perum Peruri datang ke Kupang untuk memotret anaknya. "Waktu itu, kami belum tahu tujuan pemotretan itu untuk apa, karena katanya rahasia," kata Telly, Selasa (18/8/2020).

Saat uang pecahan Rp 75.000 itu keluar, Telly kaget mendapati wajah anaknya di salah satu sisi uang kertas tersebut. Ia bangga dengan prestasi itu. Apalagi, wajah anaknya bisa dilihat secara luas.

Telly menyebut, ini akan menjadi bukti sejarah dari generasi ke generasi. "Kami orangtua sangat bangga dan bersyukur, karena anak kami sudah terpilih dan ada fotonya di dalam pecahan uang yang diluncurkan, dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia kali ini," ujar Telly. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×