kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ini 5 rekomendasi ekonomi KEIN untuk Jokowi-Ma'ruf Amin


Jumat, 13 September 2019 / 16:30 WIB
Ini 5 rekomendasi ekonomi KEIN untuk Jokowi-Ma'ruf Amin
ILUSTRASI. Jokowi-Amin saat penetapan presiden-wapres terpilih

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) bersama dengan akademisi dari beberapa perguruan tinggi Indonesia, memberi lima rekomendasi guna memperkuat penyelenggaraan sistem ekonomi bagi pemerintah baru periode 2019 - 2024.

Hal ini didasari oleh presiden dan wakil presiden terpilih memiliki pedoman tegas dalam sistem ekonomi, yaitu penyelenggaraan Sistem Ekonomi Nasional yang Berlandaskan Pancasila.

Baca Juga: Anggota KEIN: Jangan mudah menuduh predatory pricing, bisa merusak iklim investasi

"Tujuan akhir ini adalah menciptakan masyarakat yang adil dan makmur. Untuk mewujudkannya, kami pun merekomendasikan prinsip-prinsip ini," ujar Wakil Ketua KEIN Arif Budimanta pada Jumat (13/9) di Jakarta.

Rekomendasi tersebut diawali dengan mempersempit ketimpangan dalam kepemilikan aset. Hal ini bisa dilakukan dengan mengembangkan usaha kecil dam besar sehingga tercipta ekses kesejahteraan.

Kedua, adalah dengan mendorong wawasan pembangunan yang memprioritaskan penguatan domestik. Untuk mewujudkannya, pemerintah harus mengembangkan model pembangunan ekonomi berbasis lokal, sehingga sumber daya lokal dapat berkembang dan merespons peluang di tingkat global.

Baca Juga: KEIN Menyarankan Presiden Jokowi Pilih Tim Ekonomi Baru di Kabinet Mendatang

"Ini kami pandang bisa menciptakan daya tahan perekonomian yang lebih baik," tambah Arif.

Ketiga, dengan mendukung penguatan koperasi serta UMKM. Koperasi perlu dikuatkan karena dipandang sebagai saka guru perekonomian nasional. Hal ini bisa dilakukan sejak dini, yaitu dengan memberi pendidikan koperasi pada semua jenjang pendidikan.




TERBARU

Close [X]
×