kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inflasi Balik ke Kisaran Sasaran, BI Diprediksi Tahan Suku Bunga Acuan


Kamis, 22 Juni 2023 / 05:57 WIB
Inflasi Balik ke Kisaran Sasaran, BI Diprediksi Tahan Suku Bunga Acuan
ILUSTRASI. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bersama para deputi gubernur memberikan keterangan kepada wartawan terkait hasil Rapat Dewan Gubernur BI (RDG) di Jakarta.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) diyakini akan menahan suku bunga acuan di level 5,75% dalam pertemuan bulan Juni 2023. 

Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual mengungkapkan, prediksi ini didasarkan pada tingkat inflasi Indonesia yang melandai. 

"Inflasi Indonesia sudah kembali ke 4% YoY, atau masuk ke target. Serta akan terus berlanjut melandai hingga akhir tahun 2023," terang David kepada Kontan.co.id, Kamis (22/6). 

Baca Juga: Inflasi Melandai dan Rupiah Terjaga, BI Diperkirakan Tahan Suku Bunga Acuan

Selain faktor yang terjadi di dalam negeri, kemungkinan BI untuk menahan suku bunga acuan juga seiring dengan langkah bank sentral Amerika Serikat (AS) untuk menahan suku bunga acuan pada bulan ini. Nah, kemungkinan besar BI akan menahan suku bunga acuan di level 5,75% hingga akhir tahun 2023. 

Meski, memang ada sinyal dari pejabat The Federal Reserve (The Fed) terkait potensi kenaikan suku bunga acuan Paman Sam selama dua kali di akhir tahun 2023. 

"Ini akan sangat bergantung dengan data. Namun, kemungkinan besar, suku bunga acuan akan ditahan di 5,75% hingga akhir tahun 2023," tandas David. 

Baca Juga: Status Pandemi Dicabut, Bagaimana dengan Biaya Pengobatan Covid-19?

Adapun Gubernur BI Perry Warjiyo akan mengumumkan keputusan pertemuan bulan Juni 2023 pada hari ini, Kamis (22/6) mulai pukukl 14.00 WIB. 

Masyarakat dapat menyaksikannya lewat media sosial BI, baik itu di Instagram @bank_indonesia maupun kanal Youtube Bank Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×