kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,66   8,93   1.01%
  • EMAS1.363.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inflasi Melandai dan Rupiah Terjaga, BI Diperkirakan Tahan Suku Bunga Acuan


Kamis, 22 Juni 2023 / 05:49 WIB
Inflasi Melandai dan Rupiah Terjaga, BI Diperkirakan Tahan Suku Bunga Acuan
ILUSTRASI. Bank Indonesia (BI) diyakini akan kembali menahan suku bunga acuan di level 5,75% dalam pertemuan bulan Juni 2023.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) diyakini akan kembali menahan suku bunga acuan di level 5,75% dalam pertemuan bulan Juni 2023. 

Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman mengungkapkan, ini seiring dengan tingkat inflasi yang melandai dan nilai tukar rupiah yang terjaga dalam tahun berjalan. 

"Inflasi sudah kembali ke kisaran 4,00% YoY pada Mei 2023. Kemudian, ada arus modal asing yang masuk sehingga menjaga stabilitas rupiah," terang Faisal kepada Kontan.co.id, belum lama ini. 

Baca Juga: Aksi Jual Wall Street Meluas Karena Isyarat Powell, Saham Tesla Jeblok

Faisal juga membuka kemungkinan, BI akan menahan suku bunga acuan hingga akhir tahun 2023. Tetapi dia memberi catatan penting bagi BI untuk tetap waspada terhadap perkembangan ekonomi global yang terus diwarnai ketidakpastian. 

Salah satunya, arah kebijakan suku bunga acuan The Federal Reserve (The Fed) ke depan. Bank Sentral Amerika Serikat (AS) memang menahan suku bunga kebijakan di level 5% hingga 5,25% pada pertemuan pekan lalu.

Namun, pejabat Paman Sam melempar sinyal ada kemungkinan dua kali kenaikan suku bunga acuan lagi pada tahun ini. Faisal pun memandang, BI tentu akan merespons pandangan terbaru The Fed ini dengan sangat hati-hati. 

Baca Juga: Simak Proyeksi Pergerakan Rupiah untuk Kamis (22/6)

Adapun Gubernur BI Perry Warjiyo akan mengumumkan keputusan pertemuan bulan Juni 2023 pada hari ini, Kamis (22/6) mulai pukukl 14.00 WIB. 

Masyarakat dapat menyaksikannya lewat media sosial BI, baik itu di Instagram @bank_indonesia maupun kanal Youtube Bank Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×