kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia dan Chile perkuat kerjasama perdagangan di bidang jasa dan investasi


Selasa, 26 November 2019 / 19:58 WIB
Indonesia dan Chile perkuat kerjasama perdagangan di bidang jasa dan investasi
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga memberi sambutan saat membuka Chile Day, Business Opportunites of Chile - Indonesia, Selasa (26/11).


Reporter: Abdul Basith | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perundingan mengenai perdagangan jasa dan investasi akan menjadi tindak lanjut dalam Perjanjian Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Indonesia Chile (IC-CEPA).

Perjanjian yang telah berlaku sejak Agustus 2019 lalu itu masih seputar pada perdagangan barang. Perundingan mengenai jasa dan investasi akan dibahas melihat pemanfaatan perdagangan barang IC CEPA.

Baca Juga: Kemendag berupaya tingkatkan akses pasar baja, tekstil, dan furnitur ke AS

"Kita belum tetapkan jadwal, kita mau ini jalan dulu ekspor bertambah, nilai bertambah," ujar Direktur Perundingan Bilateral, Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Kemdag, Ni Made Ayu Marthini usai Chile Day, Selasa (26/11).

Dengan adanya IC CEPA, eskpor Indonesia ditargetkan naik 32% selama lima tahun. Dari total nilai ekspor Indonesia tahun 2017 sebesar US$ 158,5 juta naik menjadi US$ 262,1 juta pada tahun 2022.

Review akan dilakukan setelah tiga tahun ke depan. Namun, perundingan terkait sektor jasa dan investasi dapat dilakukan sebelum review dilakukan.

Pemanfaatan ekspor tersebut akan berdampak dengan investasi. Peningkatan investasi akan didorong dengan peningkatan peluang sebagai dampak terbukanya pasar kedua negara.

Baca Juga: Jokowi ajak Korea buat rencana aksi kemitraan dengan ASEAN untuk 30 tahun ke depan

"Investasi tidak bisa dipaksa, kita menciptakan dulu (peluang) agar tertarik nanti kita berunding," terang Made.

Pada pembahasan terkait perdagangan jasa dan investasi juga menyediakan preferensi kepada negara mitra. Termasuk pelonggaran Daftar Negatif Investasi (DNI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×