kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indeks Keyakinan Konsumen pada Mei 2022 Meningkat, Faktor Ini Jadi Penentu ke Depan


Kamis, 09 Juni 2022 / 19:22 WIB
Indeks Keyakinan Konsumen pada Mei 2022 Meningkat, Faktor Ini Jadi Penentu ke Depan
ILUSTRASI. Warga berjalan di depan salah satu toko tas di Jakarta, Senin (8/2/2021). Indeks Keyakinan Konsumen pada Mei 2022 Meningkat, Faktor Ini Jadi Penentu ke Depan.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Optimisme konsumen makin menguat pada Mei 2022. Bank Indonesia (BI) mengatakan, ini terlihat dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2022 yang sebesar 128,9 atau meningkat dari 113,1 pada bulan April 2022. 

Analis makroekonomi Bank Danamon Irman Faiz memandang, peningkatan keyakinan konsumen pada Mei 2022 ini didorong oleh adanya faktor musiman, yaitu adanya momen Idul Fitri dan liburan. 

“Menilik kondisi bulan lalu, pergerakan masyarakat sudah sangat meningkat sehingga menyebabkan konsumsi naik dan kepercayaan pun meningkat,” tutur Faiz kepada Kontan.co.id, Kamis (9/6). 

Baca Juga: Survei DRI: Keyakinan Konsumen Menguat pada Mei 2022

Ke depan, Faiz berharap optimisme konsumen ini masih bertahan. Namun, optimisme konsumen ke depan nantinya masih berkaitan dengan progres pemulihan ekonomi dan penanganan pandemi Covid-19. 

Dengan demikian, Faiz mengimbau pemerintah untuk tetap menjaga kondisi Covid-19 agar tidak meningkat signifikan. Dengan demikian pelonggaran pembatasan bisa terus dilakukan, dan roda pemulihan ekonomi tetap bisa bergulir. 

Ia juga meminta pemerintah untuk mewaspadai adanya risiko-risiko pelemahan ekonomi global serta inflasi pangan yang meningkat. Bila risiko ini terjaga, maka keyakinan konsumen pun tetap ada di zona optimistis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×