kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei DRI: Keyakinan Konsumen Menguat pada Mei 2022


Kamis, 09 Juni 2022 / 16:45 WIB
Survei DRI: Keyakinan Konsumen Menguat pada Mei 2022
ILUSTRASI. Suasana pembukaan superstore Mitra10 dan Atria di Cibinong, Bogor, Rabu (25/5). Survei DRI: Keyakinan Konsumen Menguat pada Mei 2022.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Survei Danareksa Research Institute (DRI) menunjukkan adanya peningkatan keyakinan konsumen pada Mei 2022. Ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang sebesar 90,3 atau naik dari 83,9 pada bulan sebelumnya. 

Kepala ekonom DRI Rima Prama Artha mengatakan, peningkatan IKK pada bulan laporan didorong oleh peningkatan dua komponen utama IKK, yaitu Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) Saat Ini dan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK). 

“IKE Saat ini meningkat 17,9% month on month (mom) menjadi 57,1 pada Mei 2022. Sedangkan IEK naik 4,1% mom menjadi 115,2,” tulis Rima dalam laporan yang diterima Kontan.co.id, Kamis (9/6). 

Rima menyebut, peningkatan keyakinan konsumen ini terjadi pada seluruh lapisan kelompok pengeluaran dan secara spasial terlihat di seluruh daerah cakupan survei, terutama di Jawa Timur. 

Baca Juga: BI: Konsumen Makin Yakin Dengan Kondisi Ekonomi Saat Ini

Penguatan ini didorong oleh beberapa alasan.

Pertama, rilis angka Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia kuartal I-2022 pada Mei 2022 yang menunjukkan adanya perbaikan. Ini kemudian kembali menyundut kepercayaan publik akan kondisi perekonomian. 

Kedua, tidak adanya peningkatan kasus harian Covid-19 yang signifikan setelah momen Ramadan dan Idul Fitri. Ini kemudian menunjukkan bahwa penanganan Covid-19 makin baik dan kemudian pemerintah kembali melonggarkan kebijakan restriksi. 

“Bahkan, pemerintah kemudian mengizinkan publik untuk tidak mengenakan masker di ranah publik. Bahkan, juga menghapus ketentuan tes antigen maupun PCR bagi para pelancong,” tambah Rima. 

Baca Juga: Ini Rekomendasi Saham dan Proyeksi IHSG untuk Perdagangan Kamis (9/6)

Ketiga, peningkatan lapangan kerja seiring dengan makin tingginya aktivitas ekonomi.

Keempat, inflasi yang masih stabil meski sempat ada peningkatan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax pada bulan sebelumnya.

Adapun, ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga seperti cabai, bawang putih, dan beras. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×